Mainan Elektronik untuk Balita

 

Orang tua masa kini bisa dengan mudah menemukan aneka mainan elektronik untuk anak di pasaran. Tak hanya untuk balita, bahkan beberapa mainan juga dibuat untuk bayi. Yang penting, ada beberapa kriteria cara memilihnya agar mainan aman dan bermanfaat.

Kemajuan teknologi kini merambah ke produsen mainan. Kini balita bahkan bayi sudah dikenalkan dengan electronic toys, sejak dini. Ada music cube yang mengumandangkan nursery rhymes ketika disentuh. Untuk si 2 – 5 tahun ada electronic books dan my first computer.

Aneka pilihan ini seharusnya tak membuat Anda bingung. Sebab, Anda tak harus membeli semuanya! Pilihlah satu saja yang sesuai minat dan usia anak, dan pastinya mengasah perkembangan anak.

Aneka ragam. Yang termasuk ke dalam mainan elektronik di sini adalah yang dioperasikan oleh batere. Ukuran batere pun bisa macam-macam, dari yang seukuran kancing hingga ukuran besar seperti aki mini, yang biasanya digunakan oleh mobil atau kendaraan beroda yang dapat dikendarai si 4 – 5 tahun.

Mainan elektronik bisa Anda jumpai dalam beragam bentuk. Antara lain, jenis mainan yang mengasah indera untuk bayi, seperti mainan yang jika disentuh menyala warna-warni lampunya atau mengeluarkan suara dan musik. Juga ada tokoh boneka yang mengeluarkan suara saat diremas, atau telepon genggam mainan yang tombolnya dapat ditekan dan menghasilkan suara atau lagu. Atau, activity station, pusat aktivitas, yaitu berupa meja atau kereta dorong untuk mengasah ketrampilan berdiri dan berjalan si 1 – 2 tahun yang sekaligus mengasah perkembangan kognitif dan mengasah konsentrasinya.

Untuk anak yang lebih besar, juga ada mobil mainan kecil yang dioperasikan batere, robot tokoh favorit atau boneka yang dapat berjalan. Juga ada sepeda dan mobil mini yang dapat dikendarai balita. Agar bermanfaat, mainan juga harus sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan balita. Yang jelas, orang tua harus teliti membaca kemasan atau brosur perihal usia yang disarankan sebelum menjatuhkan pilihan!

Orang tua teliti, anak lebih cerdas. Banyak produsen mainan elektronik mengklaim mainannya mencerdaskan, menghibur dan aman. Namun, sebagai konsumen yang cerdas Anda harus punya beberapa kriteria sebelum membeli mainan elektronik yang kini beraneka jenisnya.

Pertama, Anda harus mengecek, apakah piano anak atau tombol mainannya dioperasikan oleh batere yang bertegangan “aman”. Menurut, toy safety guide yang disusun oleh pemerhati mainan Inggris, tegangan yang diperkenankan untuk mainan anak, tidak boleh lebih dari 24 Volt. Keterangan ini dapat diperoleh pada kemasan, atau kartu garansi yang biasanya Anda peroleh saat membelinya di toko.

Selain itu, penting juga memastikan sebelum membeli, apakah batere (terkadang termasuk dibeli bersama produk) rechargeable (bisa diisi kembali) atau tidak. Membeli produk mainan dengan rechargeable battery tentu lebih ekonomis, bukan apa-apa harga mainan elektronik memang lebih tinggi dibandingkan non-elektronik. Foto/Dok.Ayahbunda


 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more