Meniti Jalan

 

Beranjak 3 tahun, bisa dipastikan anak jagoan berjalan. Saatnya Anda memberinya pengalaman menarik dari aktivitas berjalan. Bukan sekedar melangkahkan kaki kiri dan kanan agar sampai ke tempat tujuan saja, lho.  Anda bisa  mengenalkan sisi lain dari dunia berjalan, misalnya meniti jalan. Manfaat dari kegiatan meniti adalah melatih perkembangan motorik kasar, belajar keseimbangan, serta mengasah koordinasi mata dengan kaki. Ayo, ajak si kecil meniti jalan! Caranya mudah, Ayahbunda punya tipnya : 

  1. Pilih tempat aman untuk meniti. Bersihkan area meniti, segera singkirkan barang yang membahayakan keamanan si kecil, jangan sampai anak menabrak atau menginjak barang yang berserakan di lantai. .
  2. Gunakan tanda dengan tali, pita, atau isolasi berwarna sebagai rambu meniti agar anak paham dimana dia harus meniti jalan sesuai instruksi Anda.  Intruksikan dia untuk meniti tanda atau garis tersebut perlahan-lahan, tidak keluar garis, dan tidak sampai jatuh. 
  3. Beri contoh cara meniti jalan, apalagi di usianya, anak sedang asyik dan gemar meniru. Jika Anda memberinya contoh, anak akan penasaran dan ingin cepat-cepat meniru. 
  4. Gandeng tangannya terlebih dahulu, kemudian lepas ketika ia sudah merasa nyaman dengan langkahnya. Anda boleh, lho, berteriak “Ayo..ayo..ayo...”,  layaknya sedang memberikan support ketika anak sedang berlomba. Bila si kecil masih ragu-ragu berjalan di atas tanda (tali, pita, atau isolasi), dekatkan saja tanda itu ke tembok agar anak bisa memanfaatkan tembok untuk berpegangan agar tidak jatuh. 
  5. Jika awalnya Anda hanya membuat garis lurus saja, sekarang buat tantangan yang berbeda untuk anak. Selain memberi pengalaman berbeda, juga menambah ketrampilan anak meniti dan membuatnya tidak bosan. Coba awali dengan tanda/garis belok ke kanan atau ke kiri. Lalu, buatlah bentuk segitiga, persegi panjang dan lingkaran. Si kecil akan jagoan meniti jalan, sekaligus belajar berbagai bentuk!  
  6. Beri barang atau mainan favorit di ujung tanda atau garis sebagai ‘target’. Hal ini bisa menjadi langkah akhir Anda bila balita masih ragu untuk meniti jalan sesuai instruksi Anda. Biasakan juga untuk memberi selamat atas prestasi yang ia raih. Apapun hasil titiannya, itu merupakan prestasi bagi anak. Ucapan selamat membuat si kecil merasa dihargai dan tidak patah semangat untuk mencoba lagi. 

 



Artikel Rekomendasi