Saat Anak Malu Dicium Orang Tua

 

Anak Anda yang biasanya senang Anda cium, belakangan ia melengos saat Anda hendak mendaratkan bibir Anda di pipinya. Kenapa, ya?

Tak ingin terlihat. Anda tak perlu sedih dan khawatir. Saat ini ia tengah mengalami bermacam perubahan seiring kematangan emosi dan keterampilan sosialnya. Keadaan ini memang biasa terjadi pada anak laki-laki Jika lebih diperhatikan, anak perempuan umumnya tak menolak ciuman atau pelukan ibu dan ayahnya, kecuali ia sedang sedih atau kecewa. Setidaknya penelitian Prof. Carol Gilligan dari Departemen Psikologi Universitas Harvard, Amerika Serikat menunjukkan hal itu.      

Apakah anak 5 tahun malu dicium di depan umum? Begitulah yang terjadi! Anak laki-laki cenderung mengalami krisis menjadi ‘dewasa’ yang diawali di usia 5 tahun. Krisis ini antara lain muncul dalam bentuk ‘penolakan’ saat diberi perhatian khusus. Para pria cilik ini  tak mau lagi dianggap anak kecil, yang disayang-sayang dan dicium-cium.     

Anak laki-laki tak butuh dipeluk? Tentu tidak! Asal Anda tidak melakukannya di depan umum, semua baik-baik saja. Siapa tak butuh perhatian, belaian dan kasih sayang? Si kecil pasti senang jika Anda dapat memberikan semua itu. Tapi ekspresikan kasih Anda padanya di rumah atau di mobil saja! Soalnya kalau sampai ketahuan teman, ia bisa diledek habis.

Tetap butuh perhatian. Jika anak Anda anak perempuan yang tengah bersedih karena kehilangan anjing peliharaannya, misalnya, beri ia perhatian lebih. Cerita pengalaman Anda tentang kehilangan, membantu anak mengatasi krisis.     

Bagi anak laki-laki, pengertian Anda sangat diperlukan. Ia butuh belaian, ciuman dan berbagai bentuk kasih sayang Anda yang dapat membuatnya nyaman. Untuk menghadapi anak yang tengah mengalami krisis stereotip maskulinitas, ajak suami bekerja sama. Anda dan suami bisa memberi contoh. Tak ada salahnya sesekali mengekspresikan kasih sayang di depan anak saat Anda di tempat umum. Anak diharapkan memahami bahwa menjadi laki-laki dewasa bukan berarti menolak segala bentuk ekspresi kasih sayang! Anak juga perlu tahu, mengungkapkan kasih sayang itu wajar.

 



Artikel Rekomendasi