Si 3 Tahun Koleksi Kerang

 

Si 3 tahun Anda mulai gemar mengoleksi kerang, batu atau benda alam lain? Tak apa, balita akan jadi tahu dan memahami benda unik yang ada di sekelilingnya.

Memahami realita. Anak-anak secara alami gemar mengumpulkan dan menyimpan berbagai benda yang menarik perhatiannya. Apalagi pada dasarnya mereka posesif, merasa benda yang mereka sukai adalah milik mereka. Kesenangan mengoleksi benda-benda ini membantu balita menyusun dan memahami realitas di sekitarnya.

SI 3 tahun dapat mengelompokkan benda dalam berbagai kategori, sehingga memudahkannya menyusun dan memahami realitas. Baginya, berbagai informasi yang didapatnya dianggap sebagai timbunan data acak yang membingungkan sehingga perlu diurai. Caranya dengan mengamati dan menyentuh serta memainkan aneka benda tersebut

Cari benda alam. Tak harus benda atau mainan mahal untuk dikoleksi. Di sekeliling anak sangat mungkin ditemukan bermacam benda menarik. Misalnya, berbagai jenis kerang yang bentuk dan warna-warninya menarik. Ajak ia berburu kerang di pantai, atau menelusuri pasar ikan yang biasanya terdapat penjual kulit kerang.

Sambil mengumpulkan, sekaligus menyodorkan buku-buku mengenai kerang. Balita pun paham sejarah kerang-kerang yang dikoleksinya. Hal ini sekaligus mengasah kecerdasan naturalis anak.

Berbagai jenis daun kering, buah pinus atau bebatuan bisa jadi pilihan koleksi. Tentu saja tugas Anda untuk mencarikan yang aman sehingga tak mudah tertelan balita. Sediakan area dan tempat yang aman dan gampang dijangkau untuk ia menyimpan koleksinya.

 



Artikel Rekomendasi