Agar Anak Berani Periksa Gigi

 

Ajak anak ikut saat Anda memeriksakan gigi Anda. Cara ini mengenalkan balita pada suasana ruangan dokter gigi, suara-suara mesin dan peralatan yang digunakan dokter. Anak juga dapat melihat bagaimana Anda tetap tenang saat dokter gigi merawat gigi Anda.

Tak kalah penting, memilih dokter gigi anak yang memahami dan mendapat pendidikan bagaimana membuat anak-anak nyaman saat ke dokter gigi. Misalnya, menyediakan ruang tunggu berisi buku dan mainan. Di tempat itu balita juga bisa diberikan gambar tempel yang merupakan benda kesukaan anak.

Pergilah ke dokter gigi saat Anda dan anak sama-sama punya cukup waktu. Jika Anda tergesa-gesa karena harus segera kembali ke kantor, misalnya, kunjungan ke dokter gigi menjadi tidak menyenangkan. Anak pun merasa tidak nyaman karenanya.

Seminggu atau dua minggu sebelum ke dokter gigi, Anda dapat bermain peran bersama anak. Bergantianlah bersamanya menjadi dokter-pasien. Gunakan jari dan kaca untuk menghitung gigi si pasien. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudahnya. Dengan cara ini diharapkan anak tahu dan terbiasa bagaimana dokter memeriksa giginya.
 

 



Artikel Rekomendasi