Akupuntur Tepat, Hasil Didapat

 

Dengan cara tepat, hasil akupuntur untuk anak bisa didapat. Namun yang jelas, penanganan akupuntur untuk anak-anak  memang tidak sama dengan orang dewasa.

Untuk itu, sejak ribuan tahun lalu, dokter-dokter spesialis anak di Cina sudah mengenal perbedaan antara penanganan penyakit pada anak-anak dan orang dewasa. Misalnya saja, mengenai sistem pencernaan pada janin yang belum berfungsi dengan sempurna, dan kondisi bayi yang masih rentan terhadap infeksi (masih mengandalkan kekebalan bawaan serta yang diberikan ibu melalui ASI/kolostrum). Jika ada gangguan, maka kondisi pada tiap-tiap tahap usia semacam itu sudah dipertimbangkan, dan berusaha diatasi dengan cara menyeimbangan energi (chi) tubuhnya.  
 
Tekniknya beragam. “Akupuntur itu sendiri bukan sekadar ilmu yang dipelajari, tapi juga seni. Oleh karena itu, seni menusukkan jarum, memilih kombinasi titik akupuntur. Juga, teknik menstimulasi titik-titik tersebut tidak sama pada setiap orang yang melakukannya,” ujar dr. Srikandi.

Jadi, tak heran jika Anda datang membawa anak Anda untuk mendapatkan pengobatan akupuntur pada seorang dokter akupunturis, bisa berbeda kombinasi titik akupunturnya  dengan dokter  lain. Demikian pula dalam menstimulasi jarum yang ditusukkan ke kulit, tidak selalu sama. Ada yang disambungkan dengan stimulasi listrik, ada pula yang tidak.    

Jarum-jarum akupuntur yang dipergunakan pun banyak macamnya. Ada yang terbuat dari stainless steel (besi anti karat), ada pula yang terbuat dari emas. Pemakaian jarum pun ada yang dipakai berulang-ulang setelah disterilkan, namun kini banyak pula yang  menggunakan jarum sekali pakai.  

Namun yang jelas, apa pun teknik dan jarum yang digunakan, tujuan yang ingin dicapai oleh terapi ini adalah ‘menyeimbangkan’ kondisi tubuh yang sedang kurang sehat. Nah, Anda tertarik mencobanya?
 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more