Angka Kematian Balita Melorot

 

Angka kematian balita di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia memang mengkawatirkan. Namun, ada angin segar dari UNICEF mengenai hal ini.

The United Nations Children’s Fund (UNICEF) bulan Desember 2007 melaporkan “kabar gembira” tentang keberhasilan misinya dalam menurunkan angka kematian anak balita di seluruh dunia. Hingga akhir tahun 2006 silam, angka kematian tersebut berhasil diturunkan hingga 10 juta!

Dibandingkan tahun 1960, di mana angka kematian anak balita masih berkisar 20 juta setiap tahun, penurunan angka yang berhasil dicapai ini adalah sebuah prestasi yang melegakan sekaligus menggembirakan.

Ann Veneman, Direktur Eksekutif UNICEF mengatakan, “Sekali pun demikian, masih sangat banyak hal yang harus kita lakukan bersama-sama untuk terus menurunkan angka kematian anak balita di tahun-tahun mendatang.” Masih menurut Veneman, keberhasilan ini antara lain dicapai berkat adanya peningkatan persentase ibu menyusui dan bayi yang mendapat ASI dari ibunya, sebesar 20%, dari tahun 1996 hingga 2000. Juga anak-anak balita yang mendapat vaksinasi vitamin A meningkat 4 kali lipat, selama tahun 1999 hingga 2005. Mudah-mudahan, Anda pun salah seorang yang ikut berpartisipasi dalam misi ini.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more