Balita 15-16 Bulan Gemar Meniru

 

Wawww senangnya… Di umur ini balita kita mulai unjuk diri. Dia mulai berani mencoba-coba sesuatu yang baru dan menarik baginya. Mencoba makan sendiri dan memegang sendoknya sendiri, mencoret-coret kertas dengan crayonnya dan lain-lain.

Perkembangan Motorik Kasarnya.
Balita mulai berani memanjat ke kursi kecil dan bisa berdiri sendiri tanpa dibantu dari posisi duduknya. Walau dia belum bisa menapakkan kakinya dengan sempurna, tapi dia akan mencoba segala gaya untuk bergerak. Mulai dari meloncat, melompat, berlari, dan sebagainya. Antusiasme yang berlebihan untuk bergerak ini terkadang mengalahkan kewaspadaannya. Jagalah balita kita agar tidak cedera dalam berbagai aktivitas ini.

Perkembangan Sosialnya. Meniru dan meniru, ini adalah salah satu ciri yang paling khas di tahap ini. Balita akan menirukan mama nya berdandan dengan lipstiknya. Dia akan menirukan kita menyisir rambut, menirukan ayahnya memakai dasi. Sungguh lucu dan menggelikan melihat tingkah polanya. Ini adalah saat yang paling bagus untuk membelikannya seperangkat mainan berdandan anak-anak atau seperangkat mainan alat-alat pembersih rumah seperti sapu, lap pel dan kemoceng. Agar sambil mengamati mamanya berdandan balita juga bisa “berdandan” dengan sisir kecil miliknya sendiri.

Interaksinya dengan Orang Dewasa.
Balita kita pun sedikit demi sedikit bisa merespon perintah dari orang lain. Contohnya “Ayo duduk sini !” . Dengan sedikit tambahan bahasa tubuh misalnya dengan melambaikan tangan, balita bisa memahami dengan menuruti perintah itu. Balita 16 bulan juga mulai bisa mengucapkan 4-7 kata dengan baik. Jangan paksa dia untuk berbicara, cukup mendorongnya dengan berbicara yang jelas tidak dengan bahasa bayi lagi.
 

 



Artikel Rekomendasi