Balita Gemar Jalan di Usia 30-31 bulan

 

Bisa naik turun tangga dengan kaki yang bergantian menjadi ciri khas batita di usia ini. Balita juga mulai bisa diajak main perosotan, ayunan dan permainan lain yang butuh keseimbangan. Hati-hati jatuh!

Interaksi Sosial. Batita di usia ini sudah mulai menyadari adanya lingkungan lain di luar keluarganya. Sehingga dia akan mulai menjalin pertemanan dan hubungan yang lebih dekat lagi dengan teman-temannya. Jika diajak bercakap-cakap, anak bisa meloncat dari satu tema ke tema lainnya. Mereka juga mulai mampu untuk menyambung dua keadaan yang berbeda misalnya dengan kata sambung “dan”.

Makan Bersama. Menjelang tahun ke-3 umurnya, batita kita juga sudah bisa diajak untuk makan bersama anggota keluarganya. Mereka akan mengamati bagaimana sikap dan makanan apa saja yang dimakan oleh anggota keluarganya yang lain. Ikut mempersiapkan makanan dan memilih makanan apa yang dia sukai adalah salah satu keterampilan yang bisa orang tua ajarkan.

Senang Bercakap-cakap. Batita di usia 30-31 bulan lebih senang bercakap-cakap dengan teman sebaya dibandingkan bercakap-cakap dengan orang tuanya. Libatkanlah ia dalam sebuah lingkungan sosial dimana banyak anak-anak seumur dia di sana. Seperti di taman, di kelompok bermain atau di rumah teman-temannya. Saat inilah anak juga sudah mulai berkelompok antara anak laki-laki dan perempuan.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more