Beri Balita Makanan Berserat

 

Tahukah Anda, menurut sebuah penilitian delapan dari sepuluh anak-anak sekolah tidak mendapatkan cukup serat dalam makanan mereka sehari-hari. Berapa sebenarnya jumlah serat yang harus dikonsumsi oleh anak-anak? Kebutuhan serat anak usia 5 tahun sekitar 20 gram per hari dan untuk kebutuhan anak enam tahun sekitar 11 gram/hari.

Apa manfaat serat untuk anak? Peran serat paling penting adalah menjaga anak Anda secara teratur dan menjaga perut mereka terus bergerak. Makan makanan kaya serat membantu anak merasa kenyang lebih lama, menjaga kadar gula darah stabil dan membantu anak berkonsentrasi lebih lama. Selain itu juga berpengaruh terhadap perubahan perilaku anak menjadi lebih positif. Serat juga mengurangi kemungkinan mengembangkan penyakit seperti diabetes, jantung, obesitas dan menjaga sistem pencernaan bekerja secara efisien.

Sangat mudah untuk memastikan keluarga Anda makan cukup serat, yakni:
  • Pastikan balita Anda makan lima porsi buah dan sayuran dalam sehari.
  • Untuk meningkatkan asupan serat dapat ditemukan pada gandum dan biji-bijian seperti sereal. Roti, dan pasta.
  • Pastikan balita Anda juga banyak minum air, karena serat juga membutuhkan air untuk dicerna.
Makanan apa saja  yang mengandung serat? Dalam makanan, serat ditemukan dalam dua bentuk utama yakni serat larut dan tidak larut, keduanya penting bagi tubuh. Serat larut bisa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran serta biji-bijian seperti gandum.  Sedangkat serat tidak larut bisa ditemukan dalam sekam dari biji-bijian seperti gandum, bagel gandum, dll. Serat larut membantu menjaga usus bergerak dengan baik dan efisien merawat jantung dari efek kolesterol dan lemak lainnya dalam darah.

Lima cara mudah memberikan makanan berserat pada balita. Kenalkan serat secara bertahap pada bayi dan balita seperti saat Anda menyapih.
  1. Membuat smoothie buah lezat. Seperti dari strawberry dan pisang.
  2. Gunakan roti gandun untuk membuat sandwich.
  3. Berikan irisan apel sebagai camilan sehat, seperti halny akacang-kacangan atau biji bunga matahri dan batang seledri atau wortel.
  4. Panggang apel dengan kismis dan campurkan dalam puding.
  5. Tambahkan kacang panggang di atas keripik kentang.
 
 

 



Artikel Rekomendasi