Biasakan Balita Hidup Bersih Agar Sehat

 






















Fisik prima tak hanya datang dari makanan. Kebersihan diri juga harus dijaga. Anak usia balita umumnya sudah bisa meniru dan melakukan perintah-perintah sederhana dengan contoh.

Biasakanlah balita Anda untuk:
  • Mandi, sebaiknya 2 kali sehari. Supaya ia semangat mandi, sediakan boneka mainan mandi dan sediakan gayung kecil yang bermotif lucu. Ajari ia untuk menyabuni seluruh tubuh, termasuk lipatan-lipatan tubuh. Bantulah ia menyabuni dan membersihkan bagian punggungnya. Setelah selesai mandi, keringkanlah tubuhnya.
  • Gosok gigi yuuk... Jumlah gigi si balita sudah mulai banyak, jadi gunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi. Pilih sikat gigi khusus anak dengan ciri kepala sikat kecil, bulu-bulu halus dan gagang besar yang mudah dipegang. Pilih gagang sikat gigi yang berbentuk boneka. Jika dia sudah bisa berkumur, Anda boleh memberinya pasta gigi. Supaya balita Anda mau sikat gigi, ajak ia sikat gigi bersama, ia akan senang meniru tingkah orangtuanya!
  • Cuci tangan. Ajari balita Anda untuk cuci tangan dengan sabun setiap kali mau makan, sehabis makan, sehabis main di luar dan sehabis buang air. Cuci tangan haruslah sampai di sela-sela jari. Warna dan aroma sabun cuci tangan bisa diganti setiap habis dan tempatkan di wadah yang lucu agar ia tertarik mencuci tangan. Katakan padanya bahwa sabun cuci tangan bulan ini bau stroberi, bulan depan bau apel, dan seterusnya.  
  • Cuci kaki. Biasakan balita Anda mencuci kakinya setiap kali mau naik ke tempat tidur, sehabis bermain dan sehabis bepergian. Jangan sampai, kotoran yang terbawa di kaki, menempel di tempat main atau tempat tidurnya, lalu membuatnya gatal-gatal

 



Artikel Rekomendasi