Cara Benar Cuci tangan

Cara Benar Cuci tangan Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Mengajarkan kebersihan diri bisa dimulai sejak kecil dengan membiasakan cuci tangan. Namun jangan asal cuci tangan. Cuci tangan pun ada cara-caranya yang benar.

Jangan sekadar membasahi tangan. Ajarkan balita Anda cara benar mencuci tangan agar tangan bersih dan bebas kuman. Berikut langkah-langkahnya:
  • Gunakan air bersih yang mengalir. Jangan mencelupkan tangan ke air di dalam wadah, apalagi yang sudah digunakan orang lain, karena kuman-kuman hanya berputar di dalam wadah dan bisa menempel lagi di tangan.
  • Gunakan sabun cuci tangan agar kuman-kuman mati. Tuangkan sabun secukupnya di telapak tangan lalu gosok hingga berbusa. Kalau Anda menggunakan sabun batangan, bilas sabun sebelum digosokkan di tangan dan setelah selesai sabun kembali dibilas.
  • Cuci tangan selama 15-20 detik. Bersihkan bagian telapak tangan, sela-sela jari dan kuku serta tak lupa menggosok punggung tangan, kemudian  dibilas.
  • Keringkan tangan dengan kain bersih. Lebih baik gunakan serbet kertas dan gunakan serbet kertas untuk mematikan keran air, terutama bila Anda dan balita mencuci tangan di tempat umum. Di rumah, Anda bisa juga menggunakan handuk kering.

Dengan mengajarkan kebiasaan cuci tangan yang benar, Anda sudah turut menjaga kesehatan balita Anda. Yuk, kita mulai dari sekarang!



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Melatih Memori Bayi   9241   
>  Memahami Perspektif Bayi   2802   
>  Perubahan Dunia Ayah   1933