Cara Mengatasi Congek pada Anak

 

Dalam istilah medis, congek disebut autitis media supuratif, yang berarti radang pada telinga tengah. Penyakit ini sering terjadi pada anak-anak karena saluran telinga mereka lebih lebar dan datar, sehingga kuman mudah masuk. Pada anak-anak, mekanisme pengeluaran kotoran belum bekerja sempurna. Akibatnya, kotoran menumpuk di dalam telinga. Penyebab lainnya, karena seringnya terkena infeksi saluran pernapasan, yang mengakibatkan masuknya air ke lubang telinga melalui saluran napas atas dan hidung. Untungnya tidak menular.

Cara Mengatasi:
Agar kotoran yang keras menjadi lunak dan mudah dibersihkan, gunakan cotton buds yang ukurannya sesuai dengan lekuk telinganya, lalu olesi dengan baby oil, dan bersihkan pada bagian yang kotor. Perlu hati-hati, karena upaya mengorek kotoran justeru dapat mendorong kotoran semakin masuk ke dalam rongga telinga.

Kapan harus ke dokter?
Sebaiknya segera bawa anak ke dokter bila ia sering memegang telinganya dan tampak  kesakitan, serta tercium aroma menyengat dari telinganya. Dikhawatirkan  ia mengalami radang telinga yang semakin parah. Mulailah melakukanlah pemeriksaan rutin dan teratur ke dokter THT setiap 6 bulan.

 



Artikel Rekomendasi