Fakta Tentang Suplemen

 

Jika anak sering sakit atau susah makan, betulkah suplemen solusinya? Cari tahu dulu faktanya di sini.
  • Anak yang sulit makan sehingga dikhawatirkan asupan gizinya berkurang tidak harus diberi suplemen. Karena beberapa suplemen yang ada terbuat dari bahan yang tidak alami. Jadi, cari tahu terlebih dahulu penyebab sulit makannya.
  • Pada umumnya suplemen terbuat dari bahan sintetik atau bahan-bahan yang tidak alami. Bahan-bahan yang tidak alami ini lebih sulit dikenali oleh tubuh sehingga pemakaian yang terlampau banyak dan sering akan menyebabkan bahan-bahan tersebut tertimbun di dalam tubuh.
  • Beberapa suplemen mengandung tambahan zat lain seperti zat pewarna dan pengawet yang tidak dibutuhkan tubuh. Bahan-bahan yang tidak dibutuhkan inilah yang akan memperberat kerja ginjal.
  • Pemberian vitamin pada bayi seperti vitamin K biasanya diberikan begitu bayi lahir, terutama pada bayi prematur. Namun tidak semua bayi prematur harus diberikan suplemen tambahan. Sebelum memberikan suplemen, harus diperiksakan ke dokter terlebih dahulu untuk melihat kesiapan saluran cerna bayi.
  • Hati-hati saat membeli suplemen penambah darah. Melihat beraneka macam jenis anemia, maka tidak semua anemia bisa diatasi dengan pemberian suplemen penambah darah. Penanganan yang tidak tepat terhadap anemia bisa menyebabkan penumpukan zat besi di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan hati.
  • Vitamin dan mineral dalam bentuk suplemen umumnya tidak berasal dari bahan yang alami. Tapi lebih berupa bahan sintetis yang dibuat oleh pabrik, yang secara kimia dibentuk supaya memiliki kandungan yang sama dengan vitamin sehingga akan lebih sulit dicerna ketimbang buah atau sayur segar.
  • Makan atau minum bahan alami dari lingkungan sekitar secara rutin akan memberi manfaat bagi tubuh dan minim efek samping. Dibanding suplemen buatan yang mengandung zat-zat lain yang tidak dibutuhkan tubuh. Pada gangguan lambung, hindari suplemen bersifat asam, seperti vitamin C.
  • Umumnya pemanis yang digunakan untuk produk-produk suplemen adalah pemanis buatan berjenis aspartam. Pemanis buatan ini diperoleh secara sintesis melalui reaksi-reaksi kimia. Sehingga penggunaannya harus betul-betul diwaspadai karena takaran yang berlebih dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan seperti berpotensi menyebabkan tumor. Batas maksimum  konsumsi aspartam adalah 40 mg/kg berat badan.
  • Mengonsumsi suplemen berdosis tinggi dalam waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping berbahaya bagi tubuh. Konsumsi suplemen vitamin C dalam dosis tinggi dapat menyebabkan batu ginjal, nyeri lambung dan diare. Kelebihan vitamin D dapat menimbulkan penumpukan kalsium yang mengakibatkan pusing, sembelit bahkan menurunkan nafsu makan. (me)
Baca juga:
Balita dan Kebutuhan Suplemen
Jangan Berlebihan Memberi Suplemen!



 



Artikel Rekomendasi