Gizi Berdasarkan Warna Makanan

 

Ragam warna yang ditonjolkan buah dan sayur menandakan kandungan dan manfaat unik masing-masing. Itu sebabnya, Anda perlu menyajikan 'pelangi' ini dalam piring makan anak. 

Putih
Suguhkan lobak, sirsak, sawi putih, taoge, aneka sayur serta buah berwarna putih. Jenis makanan alami tidak berpigmen ini adalah sumber vitamin C, kalsium dan bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Hijau
Selain menenangkan, sumber makanan berwarna hijau membantu produksi sel darah merah, melepas sel racun dari hati dan aliran darah, penguat sel otak, membangun sistem imun, dan penguat sel tubuh. Dapatkan semua manfaatnya dengan mengonsumsi apel hijau, kacang polong, paprika, buah kiwi, bayam dan brokoli.

Kuning
Dapatkan manfaat antioksidan dari pisang, pir, jagung manis dan nanas. Keuntungan lainnya, sayur dan buah berwarna kuning kaya vitamin A, meningkatkan produksi pigmen retina dan menjaga kesehatan mata.

Ungu
Terong, anggur ungu, raspberry, bit, prune dan makanan berwarna ungu bisa membantu meningkatkan kemampuan melihat di malam hari. Selain itu, buah dan suyr ungu berfungsi sebagai antioksidan, pelindung sel otak dan pembuluh darah serta mencegah peradangan.

Merah
Bila anak menyukai apel, semangka, cherry, tomat atau stroberry, anda boleh senang. Karena makanan berwarna merah mengandung antioksidan, pelindung pembuluh darah, tulang rawan, dan serabut otot, sumber vitamin A dan vitamin E.

Jingga
Biasakan balita mengonsumsi wortel, pepaya, jeruk, mangga juga labu kuning. Sumber makanan berwarna jingga mengandung antioksidan dan zat lain seperti alfa, betakaroten, serta falkarinol yang mampu menjaga kesehatan mata dan kulit, meningkatkan produksi sel darah putih dan mendongkrak sistem imun.  

Biru atau coklat
makanan berwarna biru seperti blueberry memicu produksi sel darah putih dan merah, meningkatkan sstem imun, antioksidan, anti radang, pelindung sel otak, sumebr selenium dan zat besi.

 



Artikel Rekomendasi