Infeksi Penyebab Radang Telinga Tengah

 

Bayi Anda rewel sambil menarik-narik daun telinganya? Mungkin ia kena radang telinga tengah. Bagaimana cara menanganinya?

Telinga terdiri dari beberapa bagian. Salah satu bagian telinga yang sering mengalami infeksi adalah sekitar gendang telinga. Infeksi telinga tengah yang bisa memicu timbulnya radang telinga tengah ini biasanya didahului infeksi saluran napas atas, seperti radang tenggorokan atau influensa.

Normalnya, cairan yang masuk ke dalam area di belakang gendang telinga akan cepat masuk ke dalam saluran Eustachian, yakni saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang hidung dan tenggorokan. Namun bila saluran Eustachian tertutup –sering terjadi saat anak terkena influensa– cairan terjebak di telinga tengah. Cairan yang mengumpul itu akan mengundang bakteri dan jadilah radang telinga tengah.

Kenali gejalanya. Bayi umumnya mudah terkena radang telinga karena saluran Eustachian-nya masih pendek (sekitar 1 cm), serta lebih sempit dan lebih datar dibandingkan orang dewasa. Akibatnya, saluran ini mudah tersumbat, misalnya karena terjadi infeksi atau alergi.  
Cara paling mudah mengenali bayi yang terkena radang telinga tengah adalah perubahan mood-nya.  
  • Rewel atau menangis lebih sering dari biasanya.
  • Selalu memegang-megang daun telinganya.
  • Demam.
  • Nafsu makan atau menyusu turun.
  • Radang tenggorokan yang tak sembuh-sembuh.
  • Dari lubang telinga keluar cairan kekuningan; tanda adanya tekanan cairan yang sudah demikian kuat dan gendang telinga sudah bocor. Kondisi ini sudah parah, bila tidak segera ditangani dapat menimbulkan gangguan pendengaran.
Kapan harus ke dokter? Begitu menemui tanda-tanda tersebut, segera bawa bayi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Umumnya, dokter akan memberi bayi antibiotik untuk mengatasi bakteri. Dengan penanganan yang cepat dari dokter, umumnya bayi akan sembuh dalam waktu seminggu sampai 10 hari.

Jangan coba-coba mengorek bagian dalam telinga bayi karena bisa mendorong kotoran masuk ke dalam, dan memperparah infeksi. Bila ingin membersihkan telinganya, cukup bagian luarnya saja.

Baca juga:
Tips Mencegah Radang Telinga Tengah

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more