Ingin Tulisan Anak Rapi?

 

Tulisan balita Anda yang kini berusia lima tahun masih saja jelek. Repotnya, ia ogah-ogahan berlatih menulis. Ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar tulisannya rapi

Kemampuan menulis memang membutuhkan keterampilan yang kompleks. Ini diawali dengan kemampuan menggenggam krayon dan membuat benang kusut pada usia sekitar dua tahun. Selanjutnya, mulailah perkembangan membuat kurva-kurva dan garis-garis yang merupakan modal awal membuat suatu huruf.

Anak tidak akan tiba-tiba mahir menulis jika tidak mendapatkan kesempatan untuk melatih motorik halusnya. Namun, tak perlu khawatir jika tulisan anak lima tahun masih saja jelek. Dengan latihan dan semakin matangnya perkembangan otot anak, tulisannya akan semakin baik. Yang lebih penting, gugahlah minatnya untuk mencoba menulis.

Kapan bermasalah? Beberapa anak memang mengalami masalah dalam keterampilan menulis. Jika khawatir, Anda dapat membicarakannya dengan guru balita Anda. Guru melihat anak Anda dalam berbagai situasi di sekolah. Ia dapat membandingkan kemajuan anak dengan anak-anak lainnya. Dengan begitu guru dapat melihat jika ada masalah dengan anak Anda.

Namun, Pusat Kesulitan Belajar dan para ahli pendidikan usia dini di Amerika memberikan beberapa petunjuk untuk mengenali apakah anak Anda mengalami masalah dalam belajar menulis atau tidak. Berikut kiatnya
  • Balita tampak tidak nyaman dalam menggenggam pensil atau bolpen.
  • Bermasalah untuk merencanakan atau memulai menulis. Ia, misalnya, hanya duduk dan menatap kertas saja dalam waktu yang lama.
  • Mudah frustrasi begitu disuruh duduk untuk menulis.
  • Tidak ada minat untuk mengekspresikan diri di atas kertas.
  • Gelisah secara ekstrim dan tidak dapat duduk diam untuk mencoba membuat sesuatu.
Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan jika anak mempunyi tanda-tanda seperti di atas. Keterampilan menulis akan tetap dipelajari anak hingga ia di Sekolah Dasar kelak. Selain itu, bermasalah dalam menulis bukan berarti ia mengalami kesulitan belajar.

 



Artikel Rekomendasi