Kesalahan pemberian obat

 

Anak sakit memang membuat Anda cemas. Namun, Anda tetap harus tenang saat memberikan anak obat. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan berikut ini.
  • Tidak konsultasi dengan dokter. Tidak semua obat yang dijual dipasaran aman untuk dikonsumsi oleh balita, apalagi pengaturan obat di Indonesia kurang ketat. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda memberikan obat pada anak.
  • Melebihi dosis. Mungkin Anda merasa obat yang diberikan tidak langsung bereaksi, jadi Anda merasa perlu menambah dosisnya agar anak akan lebih cepat pulih. Salah jika Anda berpikir seperti itu. Menambah dosis obat bukan berarti mempercepat penyembuhan. Obat tidak bereaksi seperti itu, kelebihan dosis obat justru berdampak negatif. Anda perlu sadari butuh beberapa waktu sampai anak bisa benar-benar pulih dari penyakitnya.
  • Tidak menggunakan sendok takar. Biasanya obat yang berbentuk sirup sudah dilengkapi dengan sendok takar. Gunakan sendok takar ini, bukan sendok makan yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Sendok takar memberikan ukuran yang akut sehingga anak mendapat dosis obat yang tepat, tidak kurang atau lebih.
  • Salah memberikan obat. Anak sakit tentu membuat Anda panik dan biasanya saat panik Anda jadi terburu-buru hingga bisa saja salah mengambil obat. Obat yang seharusnya untuk orang dewasa justru Anda berikan pada anak. Untuk menghindari hal ini, sediakan tempat khusus untuk menyimpan obat anak terpisah dari kotak obat Anda.
  • Tidak menghabiskan antibiotik. Jika Anda berpikir untuk berhenti memberikan antibiotik saat melihat anak sudah tampak sehat, Anda salah. Obat antibiotik harus dihabiskan agar tidak kambuh lagi. Namun, Anda juga harus cermat, bahwa tidak semua penyakit yang diderita balita Anda butuh diobati dengan antibiotik.
  • Tidak memperhatikan kadalurasa. Obat seperti makanan kemasan pasti punya masa kadaluarsa, pasti Anda melihat masa kadaluarsanya sebelum Anda berikan pada anak, apalagi untuk obat-obat yang hanya dipakai sesekali saja. Selain itu, beberapa obat yang diberikan tidak selalu dalam dosis yang sama, pastikan Anda membaca petunjuk pemberian obat terlebih dahulu.
Baca juga:
Cara pemberian obat
Cara Mudah Memberi Obat Pada Balita
Minum Obat Ketika Menyusui



 



Artikel Rekomendasi