Keseimbangan Tubuh Balita Diperoleh dengan Menari

 

Keseimbangan tubuh yang baik dan otot torso yang kuat mendorong si 4 tahun belajar menari. Keseimbangan tubuh didapat, anak pun senang

Menari, kegiatan yang melenturkan otot tubuh, merupakan aktivitas sangat rumit. karena bukan aktivitas fisik semata, tapi juga mental.  Bermacam keterampilan dibutuhkan dalam menari:
  • Koordinasi mata - telinga – tangan – kaki – tubuh untuk menyelaraskan gerak dengan musik
  • Mengingat dan menghayati musik
  • Memahami irama
  • Menghitung gerakan
  • Mengingat setiap gerakan
  • Menyelaraskan diri dengan pasangan menari.
Di sekolah, umumnya anak usia ini mulai dilatih menari. Alangkah baiknya bila Anda mulai mengajak anak menari sebelum ia benar-benar belajar menari. Bergerak bebas mengikuti irama lagu, sebelum ia belajar langkah-langkah menari dan mematuhi rutinitas gerakan yang harus diingatnya.

Ajaklah anak menari untuk mengekspresikan kegembiraannya bersama Anda. Tarian apa yang dapat dilakukan bersama si 4 tahun?
  • Bergoyang. Pilih satu lagu kesukaan anak sebagai pengiring. Berdirilah berdampingan sambil menyebut bagian tubuh yang digoyang. Misalnya, “goyangkan pinggang”, dan bergoyanglah bersama anak. Begitu anak tahu aturan mainnya, giliran dia menyebutkan bagian tubuh lain, tangan dan kaki sampai lagu selesai.
  • Melakukan gerak binatang. Binatang apa yang pernah dilihat anak? Gajah, kelinci, anjing, kucing, ayam. Bagaimana binatang-binatang itu bergerak? Melompat, menggoyangkan belalai, mengepakkan sayap. Bunyikan musik lagu anak-anak, tirukan gerakan aneka binatang. Sebut satu binatang, kemudian Anda dan si 4 tahun bersama-sama menirukan gerakannya.
  • Merasakan musik. Pilih musik instrumentalia agar beat-nya mudah didengar sehingga  anak mudah menentukan gerak. Bergeraklah bersama anak mengikuti irama lagu.
  • Tepuk tangan. Belajar ritme merupakan keterampilan dasar menari. Mulailah melatih anak dengan musik sederhana, mengikuti irama musik dengan bertepuk tangan. Bila ia kesulitan mengikuti irama, bantu anak menemukannya. Lakukan tepuk tangan sambil menari.
Boleh-boleh saja mengikut sertakan anak dalam sanggar atau kursus tari di usia ini.  Carilah tempat yang belum mengajarkan tarian berpanduan (pakem) pada anak-anak   Dengan mengikutsertakan anak pada sanggar tari, Anda ikut mendukung anak  kreatif mengeksplorasi budayanya dan budaya lain. Kegiatan di sanggar memperkaya pengalaman anak beraktivitas dan mengekspresikan diri dalam perkumpulan tari. Selain itu, menari juga memperdalam penghayatan anak terhadap lingkungan.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Cintai Dia Tanpa Syarat

Saat pertama kali mengetahui anaknya autis, umumnya orang tua shock. Reaksi orang tua biasanya tidak dapat langsung menerima. ... read more