Khasiat Bawang Merah dan Putih

 

Jangan dikira, bawang merah dan bawang putih hanya sedap sebagai penguat rasa masakan. Ternyata, kedua bawang ini juga bergizi bagi balita kita. 

Bawang Merah, salah satu jenis bumbu masak. Baunya yang menyengat dan gas “air matanya” disebabkan senyawa Asid karbid di dalamnya. Kandungan bawang merah; kalsium, fosfor, zat besi, karbohidrat, vitamin A dan vitamin C, zat untuk melancarkan buang air kecil dan BAB, baik juga untuk perut dan menguatkan anggota badan. Bawang merah mempunyai efek pembunuh kuman, menormalkan sistem syaraf usus, membantu kerja empedu, mengurangi tekanan darah tinggi, dan menyembuhkan flu yang disertai hidung tersumbat. Jadi kalau bayi demam, bubuhkan bawang merah di perut dan punggungnya.

Bawang Putih, penyedap aroma masakan dengan 2 khasiat luar biasa, membuka saluran darah dan antibiotik yang kuat. Bawang putih sebagai campuran sup ayam sudah berbad-abad dijadikan obat demam, flu dan batuk. Juga berkhasiat mengatasi bronkhitis, sakit kerongkongan, arthritis, rematik, infeksi sinus, infeksi kandung kemih (dicampur mentega dan madu), sakit kepala (dicampur susu), ginjal, darah tinggi, infeksi usus dan gangguan liver. Allicin-nya bersifat anti-tumor. Membubuhi bawang putih pada menu batita jangan kebanyakan karena rasanya pedas.
 

 



Artikel Rekomendasi