Laboratorium Ramah Anak

 

Laboratorium biasanya menjadi tempat yang paling dihindari oleh anak. Wajar, karena  biasanya mereka takut dengan tusukan jarum suntik saat pengambilan darah, padahal untuk memantau kondisi kesehatannya, balita tak luput dari pemeriksaan darah di laboratorium. Untuk mengalihkan perhatian anak, pihak laboratorium memang harus ramah pada anak dengan memberi mereka perlakuan khusus.

Meskipun baru ada satu laboratorium khusus anak di Jakarta yaitu Prodia Childlab, namun Anda tidak perlu khawatir. Hera Yuliana Intantri, M.Kes, Kepala Prodia Childlab menjelaskan ada beberapa hal yang bisa dipelajari orangtua untuk memilih laboratorium yang ramah anak.

Pilihlah laboratorium yang:

- Memiliki ruang laboratorium dan pemeriksaan menyenangkan, sehingga membuat si kecil rileks dan mempermudah petugas melakukan pengambilan darah.

- Memiliki petugas yang dilatih khusus guna melakukan pendekatan psikologis pada anak, serta menggunakan teknik khusus saat pengambilan darah demi meminimalkan rasa sakit.

- Pengambilan sampel darah minimal. Hal ini bisa dilakukan dengan alat-alat dan cara khusus. Hasil pemeriksaannya didasarkan pada angka rujukan untuk anak. Ini menjadi sangat penting karena hasil pemeriksaan sangat menentukan hasil diagnosa dokter.

Berikut ini daftar rumah sakit yang menyediakan paket tes kesehatan khusus balita:

- RS PHC Surabaya ( www.rsphc.co.id)
- RS MMC Jakarta ( www.rsmmc.co.id)
- Ciputra Hospital Citra Raya Tangerang (www.ciputra.com/citraraya-hospital.html)
- RSMRCCC Siloam Semanggi Jakarta ( www.siloamhospitals.com)
- Eka Hospital Pekanbaru (www.ekahospital.com)


 



Artikel Rekomendasi