Luarbiasanya Vitamin C pada Jambu Biji

 

Aroma manis khas yang cukup kuat membuat buah ini memikat untuk dinikmati. Dan ternyata, jeruk yang dikenal kaya vitamin C itu, ternyata kalah hampir empat kali lipat dibandingkan jambu biji.

Segar dan nikmat. Itulah kesan kita saat melihat jambu yang dijajakan dengan cara dibelah untuk menunjukkan warna daging buahnya yang beragam warnanya; putih, kuning sampai kemerah-merahan.

Umumnya, buah jambu biji ( Psidium guajava ) bentuknya bulat, agak bulat, sampai sedikit lonjong. Buah yang diduga berasal dari Meksiko Selatan ini mempunyai kulit yang tipis sehingga bisa dimakan tanpa perlu dikupas.

Sesuai dengan namanya, jambu ini mengandung biji yang keras, berukuran kecil-kecil dan banyak jumlahnya. Jika Anda mau mencoba menghitung, jumlah bijinya bisa berkisar antara 112 sampai 600. Jumlah biji yang banyak dan keras itu ternyata cukup mengganggu kenikmatan mengkonsumsi jambu biji. Makanya, para ahli budidaya jambu biji kini sedang berusaha mengembangkan varietes yang tidak berbiji, atau setidaknya mengandung biji dalam jumlah sedikit.

Keistimewaan Jambu Biji. Sebagai makanan buah segar maupun olahan, jambu yang memiliki banyak nama ini (antara lain, jambu klutuk, jambu siki, dan jambu batu), mempunyai banyak zat gizi. Bahkan, kandungan vitamin A dan vitamin C-nya tinggi
 
Sebagai sumber vitamin C, jambu biji memang kalah popular dibandingkan dengan jeruk. Padahal , kenyataannya kandungan vitamin C jambu biji jauh lebih tinggi daripada jeruk. Dalam setiap 100 g jambu biji mengandung sekitar 183 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya mengandung 50 mg vitamin C
 
Jelas sudah,  mengonsumsi jambu biji secara teratur akan memberikan asupan vitamin C yang baik bagi tubuh. Apalagi, jika jambu biji dikonsumsi dengan tidak perlu dikupas kulitnya. Kenapa? Karena, bagian kulit jambu biji mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi.
 
 
Foto/P Hardi Subiantoro - Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more