Makan Sesuai Piramida

 

Susunan piramida makanan  yang menjelaskan isi gizi seimbang, membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi anak.

Lantai ke-1 piramida: Satu Potongan Besar
Isinya:makanan sumber karbohidrat seperti nasi, roti, jagung, mi, singkong, tepung-tepungan dan bihun. Sumber karbohidrat  sebagai makanan pokok.
Kebutuhan sehari: 3-8 porsi, sesuai usia dan aktivitas anak. Karbohidrat diberikan dalam jumlah lebih banyak dibanding sumber lain, sebab berfungsi sebagai sumber energi untuk aktivitas anak. Satu gram karbohidrat menghasilkan 4 gram kalori.

Lantai ke-2 piramida: Dua Potongan Sedang
Isinya: Golongan buah dan sayur.
Kebutuhan sehari: 2-3 porsi sehari (buah) dan 3-5 porsi sehari (sayur).  Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak dalam jumlah sangat kecil, namun karena tidak dapat dibentuk oleh tubuh, maka harus didapatkan dari makanan.

Lantai ke-3 Piramida: Dua Potongan Kecil
Isinya: Protein hewani (daging, telur, ayam, ikan, susu dan produk susu) di potongan sebelah kiri, dan protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan) di irisan kanan.
Kebutuhan sehari: Masing-masing 2-3 porsi sehari.

Puncak piramida: Satu Potongan Kecil
Isinya:  Minyak, gula dan garam yang cukup dikonsumsi seperlunya. Meski berada di puncak piramida, bahan makanan ini tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak, justeru sedikit saja.
Kebutuhan sehari: Kebutuhan garam anak balita hanya 2-3 gram sehari. Sedangkan kebutuhan gula anak usia 1-3 tahun 25 gram atau setara 5 sendok teh, dan anak usia 4-6 tahun maksimal 38 gram atau 8 sendok teh.

Alas Piramid
Potongan-potongan piramida makanan ini dialasi oleh air putih dan kebiasaan hidup sehat. Kebutuhan air putih pada anak sekitar 100-125 ml per kilogram berat badan sehari atau sekitar 1,5 sampai 1,7 liter. Jika dibagi dalam gelas, Anda bisa memberikan 7-8 gelas air putih sehari. Biasakan anak untuk sering minum air putih agar terhindar dari dehidrasi. Kekurangan air tubuh sekitar 1% berat badan dapat menurunkan konsentrasi belajar dan membuat anak-anak menjadi mudah lemas. Selain pemenuhan kebutuhan air putih, ajarkan juga hidup sehat pada anak. Mulai dari yang paling mudah yaitu olah raga hingga membuang sampah pada tempatnya. Hidup yang sehat dapat meningkatkan kualitas kesehatan manusia. (me)

Baca juga:
Beri Balita Makanan Berserat
Makanan Pencuci Mulut Untuk Balita
Makanan Penambah Konsentrasi
Gizi Bekal Anak Prasekolah

 



Artikel Rekomendasi