Makanan Yang Menenangkan

 

Bagaimana makanan bisa membuat tenang?  Jawabannya ada di beberapa jenis makanan berikut ini.
  • Susu. Proteinnya berkualitas tinggi yang mengandung asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan tubuh, salah satunya dalah triptofan. Kandungan kalsium dan magnesium dalam susu membantu mempercepat perubahan triptofan menjadi serotonin. Selain memberi rasa tenang dan relaks, serotonin juga menimbulkan rasa mengantuk.
  • Cokelat. Teobromin adalah zat yang memberikan “rasa enak” dalam cokelat. Zat ini menghasilkan efek menenangkan otot dari jaringan otot halus. Selain itu, kandungan kimia triptofan dalam cokelat membantu tubuh meningkatkan produksi serotonin, senyawa kimia saraf di otak yang menghasilkan sensasi menenangkan.
  • Pasta. Kandungan karbohidrat dalam pasta bisa memicu insulin membantu membersihkan aliran darah dari asam amino yang bersaing dengan triptofan. Akibatnya, balita lebih tenang karena lebih banyak triptofan yang masuk ke otak.
  • Keju. Keju bisa melepaskan stress karena kadungan triptofan di dalamnya melepaskan serotonin yang mengirimkan pesan pada otak untuk relaks. Dari beragam jenis keju, cheddar, gruyere dan keju Swiss adalah keju yang cocok untuk memberikan efek menenangkan.
  •  

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mencegah Balita Mudah Sakit, Cuci Tangan!

Sakit adalah hal wajar bagi balita karena sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang sempurna. Jika dalam satu tahun balita sakit 8 kali, itu masih normal asalkan jarak waktu sakit tidak terlalu dekat... read more