Masalah Gigi Balita

 

Meski perlu "berjuang" dan diwarnai drama, penting mengajak balita ke dokter gigi bila ia mengalami hal ini pada giginya.

Karies atau Lubang Gigi
Penyebabnya bakteri penyebab karies Streptococcus dan Lactobacillus, kekurangan fluoride, atau karena anak sering makan makanan lengket dan menempel di gigi - seperti permen dan coklat. Bila tidak dibersihkan atau ditambal, karies akan menjalar hingga ke ruang pulpa gigi yang berisi pembuluh saraf dan pembuluh darah. Akibatnya, timbul rasa sakit dan
pembengkakan.

Gusi Bengkak
Penyebabnya infeksi dari gigi berlubang, luka pada gusi karena kekurangan vitamin C, atau luka karena tertembus akar gigi susu.

Gigi Patah
Umumnya gigi balita patah karena terbentur. Untuk pertolongan pertama, kompres bibir tempat gigi yang patah –tidak langsung ke gigi- dengan cold pack.

Gigi Goyah
Penyebabnya kerusakan tulang penyangga gigi, ada abses di ujung saluran akar karena gigi berlubang, atau bisa juga karena gigi terbentur. Jangan diutak–atik karena akan membuat gigi semakin terlepas dari akar. Dokter gigi akan memertahankan gigi goyah sampai cikal bakal gigi tetap siap menggantikan.

Baca juga:
Kebiasaan Balita yang Merusak Gigi
Gigi Balita Renggang
Ajak Balita ke Dokter Gigi

 



Artikel Rekomendasi

post4

Menambal Gigi Balita, Perlukah Dibius?

Usia 2 dan 3 tahun merupakan usia rawan gigi susu balita berlubang. Ketika gigi si kecil sudah tumbuh lengkap, tugas Anda sebagai orang tua mengajarkan kebiasaan baik agar gigi si kecil tidak rusak. ... read more