Menu Halus untuk Balita Demam

 

Balita demam dan sariawan? Menu khusus yang lebih lembut ini  cocok untuk balita yang mendapat gangguan menyiksa itu. Ketika balita terserang demam, tak jarang ia tak mau makan, hanya mau minum susu. Minum sus pun sedikit sekali. Orang tua sebenarnya dapat melakukan sesuatu agar anak mau makan dan minum cukup, sehingga balita segera pulih.

Ketika gejala infeksi umumnya berupa demam, flu, dan rasa sakit di dada. Penyebabnya bisa bakteri atau virus seperti sakit telinga, cacar air, campak dan penyakit lain yang biasa dialami anak-anak. Gejala flu yang ia rasakan, memang menyebabkan hilangnya nafsu makan. Oleh karena itu, khusus untuk anak yang sedang sakit, makanan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi penyakitnya.

Balita yang terkena infeksi biasanya ditandai dengan naiknya suhu tubuh (demam). Ini pertanda tubuh mencoba melawan kuman yang menyerang. Itu sebabnya, pada saat ini sebaiknya anak beristirahat di tempat tidur dan diberi banyak cairan, seperti jus buah-buahan, untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Pada kondisi ini sangat baik diberikan vitamin C.

Jika gejala penyakit yang diderita balita tidak mereda atau semakin parah, seperti muntah, mimisan dan lain-lain, sebaiknya balita segera dibawa ke dokter. Untuk mencegah memburuknya kondisi penyakit biasanya dokter memberikan obat. Bila infeksi disebabkan kuman, dokter akan memberi antibiotik.

Pemberian obat bagi balita harus dilakukan dengan berhati-hati. Dosis obat sebaiknya pada batas aman. Walaupun antibiotik manjur untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan bakteri, tetapi yang paling baik adalah cara alami agar daya tahan tubuh anak meningkat sedikit demi sedikit hingga sistem kekebalan tubuhnya mampu melawan infeksi.

 



Artikel Rekomendasi