Probiotik Aman Untuk Balita

 

Menjadi pertanyaan banyak ibu, apakah produk-produk yang mengandung probiotik aman untuk dikonsumsi balita? Jawabannya adalah, ya, probiotik aman untuk dikonsumsi oleh balita. Bahkan, balita sangat dianjurkan untuk  mengonsumsinya mengingat fungsi probiotik yang mendukung kesehatan saluran cerna, khususnya usus. Hal ini memang perlu mendapat perhatian karena kekebalan atau daya tahan tubuh  berasal dari saluran cerna.

Kekebalan tubuh balita belum terbentuk dengan sempurna, ia membutuhkan kekebalan  alami sebagai “modal dasarnya”, dan “modal” ini bisa didapat dari probiotik. Probiotik bisa ditemukan di dalam susu, susu fermentasi (yoghurt), keju dan mentega.

Sejak  lahir, anak memang sudah dilengkapi dasar sistem kekebalan  alami, tetapi seiring dengan bertambahnya usia, jumlah probiotik akan berkurang karena adanya “bakteri-bakteri jahat” yang masuk ke saluran pencernaannya.  Adanya tambahan probiotik ini akan menjaga keseimbangan jumlah “bakteri baik” dan “bakteri jahat”.  

Lalu bagaimana jika balita mengkonsumsi probiotik berlebihan? Tak perlu khawatir, sampai saat ini tidak ditemukan efek samping dari kelebihan probiotik, karena probiotik bisa dikeluarkan melalui feses.

Ada 5 alasan mengapa balita harus mengonsumsi probiotik:
  1. Menjaga keseimbangan flora saluran cerna, khususnya usus.
  2. Membantu membersihkan saluran cerna dan memproduksi vitamin (B3, B5, B6, B9, B12).
  3. Mencegah diare, sembelit dan mengurangi alergi.
  4. Mencegah perkembangan “bakteri jahat” (patogen).
  5. Meningkatkan fungsi pencernaan.

Mulailah dari sekarang memberikan probiotik pada balita. Jika kekebalan tubuhnya kuat, pertumbuhan dan  perkembangan balita pun berlangsung optimal. Kesehatan balita pun lebih terjaga.
 
 
 
Lebih jelas soal apa itu probiotik dan prebiotik, baca juga: Probiotik si 'Bakteri Baik'

 



Artikel Rekomendasi