Proses Terjadinya Demam Pada Anak

 

Bayi disebut demam bila suhu tubuhnya lebih dari 38°C dan suhu tubuh normal berkisar 36,5-37,5°C. Demam merupakan reaksi atau mekanisme tubuh untuk bertahan terhadap masuknya benda asing atau parasit dalam tubuh.

Proses demam terdiri dari 3 fase yaitu:
  • Fase pertama. Ketika bibit penyakit mulai masuk ke dalam tubuh, maka sistem pertahanan tubuh terangsang untuk bereaksi. Dengan bergeraknya sel-sel pertahanan tubuh, mediator yang berperan membunuh bibit penyakit tergerak menuju arah bibit penyakit. Proses ini memerlukan suhu demam tadi dan bayi masuk ke dalam fase kedua.
  • Fase kedua. Tubuh berupaya untuk menaikkan suhu dengan cara memangil agar dihasilkan panas. Di lain pihak, bagian luar tubuh menghemat pengeluaran panas sehingga kulit anak terasa dingin. Setelah suhu demam tercapai dan proses mekanisme pertahanan tubuh berjalan, suhu tersebut tidak diperlukan lagi. Anak akan masuk ke fase terakhir demam.
  • Fase ketiga. Tubuh akan mengeluarkan panas untuk menurunkan suhunya dengan cara melebarkan pembuluh darah di kulit. Bayi tampak kemerahan, berkeringat, dan tungkainya terasa panas. Keadaan ini akan segera diikuti dengan penurunan suhu kembali ke normal. 

Selama bibit penyakit masih ada di dalam tubuh, demam akan terjadi lagi dengan urutan seperti di atas, beryulang-ulang sampai akhirnya bibit penyakit dapat dimusnahkan.  (me)

Baca juga:


 



Artikel Rekomendasi