Renang Pakai Tabir Surya ya!

 

Berniat mengajak anak berenang atau liburan di pantai? Jangan lupa krim tabir surya. Kekuatan krim ini melindungi kulit dari cahaya matahari, dibedakan berdasarkan tingkat SPF (Sun Protection Factor). SPF biasanya diikuti angka, misalnya SPF 15. Angka 15 menunjukkan lamanya kulit anak bisa terkena panas sinar matahari tanpa terbakar, dikalikan dengan angka tersebut.

Sebagai contoh, bila kulit bayi mulai terbakar setelah terkena sinar matahari selama 10 menit, maka dengan memakai sunscreen SPF 15, secara teoritis kulitnya akan terlindungi selama 150 menit. Begitu pula dengan krim SPF 30 atau SPF 60.

Walau demikian, tak disarankan memperpanjang waktu anak bermain di terik matahari dengan cara menggunakan krim ber-SPF tinggi, misalnya SPF 30. Krim SPF 15 memiliki tingkat perlindungan 93%, SPF 30 sebesar 96%, dan SPF 60 sebesar 98%.

Jadi, SPF 30 bukan berarti memperpanjang waktu perlindungan dua kali dari SPF 15. Pilihlah krim tabir surya berlabel “broad spectrum” yang artinya melindungi baik dari cahaya ultraviolet (UV) A maupun B. (me)

Baca juga:
Ajak Bayi Berenang
Manfaat Berenang untuk Anak
Melatih Anak Berenang
Agar Anak Aman Berenang

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more