Tren Diet Bagi Balita

 

Bagaimana pengaturan pola makan yang terbaik buat balita? Ada banyak jenis pengaturan pola makan yang bisa diterapkan untuk balita, misalnya saja diet berdasarkan golongan darah, rainbow diet (diet berdasarkan warna pelangi, vegetarian, food combining).

Diet golongan darah yang dikembangkan oleh D’Adamo mempunyai tujuan untuk menyelaraskan antara jenis makanan yang dikonsumsi dengan karakter metabolisme seseorang.

Sedangkan rainbow diet adalah diet berdasarkan karakter atau kepribadian seseorang. Misalnya balita yang cenderung pemarah sebaiknya menghindari makanan yang berwarna merah. Atau balita  yang mudah tersinggung menghindari makanan yang berwarna biru.

Variasi jenis makanan juga sangat diperlukan oleh balita. Kebiasaan untuk memberikan variasi jenis makanan yang seluas-luasnya buat balita akan melatih keseimbangan pencernaan balita. Sehingga diharapkan dikemudian hari balita bisa menerima segala jenis makanan tanpa menimbulkan gejala intoleransi.

Yang harus diperhatikan saat kita memilih pola pengaturan makan buat balita adalah setiap zat nutrisi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan balita. Jangan memberikan makanan kepada balita sesuai apa yang dia minta, tapi berikanlah makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuhnya.

 



Artikel Rekomendasi