Vaksinasi Senjata Ampuh Lawan Polio

 

Walau sempat hilang dari Indonesia, wabah polio kembali merebak. Langkah pencegahan yang perlu diambil orang tua adalah memberi vaksinasi. Pekan Imunisasi Nasional Polio adalah salah satu cara pemerintah untuk melindungi anak-anak Indonesia terhadap polio. Beberapa kali diadakan, Anda dapat mengikutsertakan anak Anda yang berusia bayi hingga balita.

Pemerintah Indonesia terus menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) untuk memberikan imunisasi kepada semua anak balita dengan vaksin polio oral. Beberapa badan internasional dan dalam negeri, ikut membantu pemerintah merencanakan dan menyelenggarakan upaya-upaya imunisasi, termasuk UNICEF, WHO, USAID dan Rotary International. Penekanan utama adalah menjangkau anak-anak yang paling miskin dan terpinggirkan. Mereka adalah yang paling tidak berdaya dan kecil kemungkinannya telah mendapatkan imunisasi.

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) merupakan dua hari terpisah yang dicanangkan untuk memberikan imunisasi terhadap polio kepada semua anak-anak balita, dengan menggunakan vaksin polio oral. Adalah sangat penting bagi para orang tua untuk membawa setiap anak balita ke pos-pos kesehatan (posyandu) untuk memastikan anak-anaknya mendapatkan perlindungan terhadap polio selama PIN berlangsung.

Sementara Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) adalah hari-hari dimana beberapa propinsi memberikan imunisasi polio kepada anak-anak. Contoh dari Sub PIN adalah kedua putaran imunisasi yang diselenggarakan pada bulan Mei dan Juni lalu di Propinsi Banten, Jawa dan Jakarta.

Kampanye ini akan terus diadakan selama polio masih menjadi ancaman di Indonesia. Karena jika PIN tidak menjangkau setiap anak sebelum musim hujan datang, polio akan menyebar lebih cepat dan menyerang lebih banyak anak. Musim hujan merupakan musim yang berbahaya selama epidemik polio ada. Virusnya dapat menyebar sampai keluar Indonesia dan menimbulkan kecacatan pada anak-anak yang berada di Negara Tetangga.

Setiap anak harus mendapatkan OPV (Oral Polio Vaksin) pada masa kampanye anti polio dan imunisasi rutin. OPV ini aman, efektif, dan setiap dosis tambahan berarti perlindungan tambahan terhadap polio bagi si anak. Diperlukan dosis OPV berulang untuk mencapai kekebalan penuh terhadap polio. Jika anak pernah mendapatkan vaksin tersebut sebelumnya, maka dosis tambahan yang diberikan pada masa Pekan Imunisasi Nasional atau Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN/Sub PIN) akan memberikan imunitas tambahan yang sangat berarti terhadap polio.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Mitos dan Fakta Merawat Kulit Bayi

Banyak mitos yang berkembang dan dijadikan acuan dalam perawatan kulit bayi. Misalnya, memandikan bayi dengan air dicampur antiseptik saat terkena biang keringat, membubuhkan tepung kanji ke kulit ba... read more