Hati-hati Memilih Mainan Plastik

Hati-hati Memilih Mainan Plastik Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Tak ada salahnya berhati-hati dalam memilih mainan untuk si kecil. Mainan yang terbuat dari plastik lunak, atau soft toys, kini bisa terkontaminasi oleh bahan kimia beracun.

Lembaga nonprofit Amerika, Public Interest Research Group (PIRG), menemukan beberapa unsur kimia berbahaya pada mainan plastik lunak di pasaran Amerika. Unsur kimia beracun itu berupa timah dan bahan yang disebut phthalates yang biasa terdapat pada plastik dan produk perawatan tubuh serta rumah tangga. Dan tahun 2007, kurang lebih 80.000 anak balita masuk rumah sakit karena terpapar bahan kimia tersebut.

Apa bahayanya?
Phthalates yang terdapat pada beberapa mainan plastik lunak, dapat menyebabkan masalah serius jika menumpuk di rahim atau paparan terjadi pada tahapan penting perkembangan anak. Masalah-masalah yang mungkin terjadi pada anak kelak antara lain, kelahiran prematur, penurunan tingkat reproduksi, pubertas dini, dan sedikitnya jumlah sperma.

Sementara timah, jika si kecil terpapar unsur kimia ini secara berlebih, dapat menyebabkan menurunnya IQ, keterbelakangan mental dan perkembangan fisik, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.  

Pilih mainan yang mana?
Elizabeth Hitchcock, juru bicara PIRG, menduga, dalam musim liburan seperti sekarang ini, biasanya penjualan mainan akan meningkat. Itu sebabnya ia sangat menghimbau orang tua untuk lebih berhati-hati membeli mainan untuk si kecil.

Bukan berarti Anda tidak boleh membeli mainan dengan bahan plastik lunak untuk si kecil, namun tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati dalam memilih mainan atau soft toys. Bahkan Hitchcock menyarankan untuk tidak membeli mainan yang murah, khususnya dari China.

“Jika Anda sudah biasa membeli mainan merek tertentu yang Anda tahu bagus kualitasnya dan aman, tetaplah pada merek tersebut. Belilah mainan (juga perabot) yang merek dan perusahaannya Anda kenal dan percaya, khususnya jika ada anak kecil di rumah. Baca dan turuti petunjuk usia pada mainan, ajarkan cara bermain yang aman dan awasi ketika si kecil bermain,” saran Toy Industry Association (TIA), sebuah industri mainan di Amerika.

Jangan berpikir jika Anda membeli sebuah mainan di toko, maka itu pasti aman. Belum tentu, lho Bunda. Anda harus berhati-hati dalam memilih mainan, khususnya untuk bayi/balita yang gemar memasukkan benda ke dalam mulutnya.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda