5 Alasan Anda Tidak Boleh Memukul Balita

 

Gemas rasanya melihat perilaku balita yang kadang nakal. Dan seringkali tanpa pikir panjang orang tua memukul balitanya. Menghukum dengan pukulan tidak akan memberikan pelajaran yang baik untuk balita. Ini alasannya.

Anda yang sering memilih pukulan untuk menghukum balita, sebaiknya hilangkan segera kebiasaan ini karena:
  1. Memukul dapat merendahkan martabat balita karena ia berada pada posisi yang tidak berdaya menghadapi sosok orang dewasa.  
  2. Memukul tidak akan mengurangi kebiasaannya memukul. Sebaliknya, balita malah belajar bahwa ia boleh memukul bila orang lain salah.
  3. Balita menganggap memukul adalah perilaku yang diperbolehkan, karena balita melihat dan meniru perilaku Anda.
  4. Balita bisa tambah marah karena ia merasa tersakiti, baik secara fisik maupun psikis. Suatu saat ia akan membalas pukulan Anda.
  5. Memukul dapat menjadi kebiasaan Anda, dan bisa jadi kebiasaan balita juga. Kebiasaan ini menanamkan perilaku agresif pada balita saat ia menangani konfliknya kelak di usia selanjutnya.

Ada cara yang lebih baik untuk menghukum dan mengajarkan balita tentang perilaku yang benar dan salah. Mulai dari menjelaskan, menegur dengan halus, hingga menghukum tanpa memukul bisa diterapkan sesuai dengan situasi saat itu.

 



Artikel Rekomendasi