Agar Anak Laki-laki Tidak Feminin

 

Saat melihat anak laki-lakinya bertingkah cenderung feminin, orang tua cenderung khawatir sehingga memarahi anaknya. Bagaimana seharusnya bersikap?

Kesalahan utama orang tua ketika melihat anak laki-lakinya rajin mengoleskan body lotion atau bermain alat-alat kosmetik sang bunda, misalnya, adalah marah. Padahal tindakan ini dapat mencederai harga diri anak.

Orang tua cenderung mencampurkan keinginan mereka (untuk membawa anaknya ke jalan yang lurus dengan upaya untuk tetap membina hubungan dan komunikasi yang baik dengan anak. Akibatnya, anak merasa tidak berharga dan hubungan Anda dengan anak pun retak.

Ketika ia hendak mencoba pakaian anak perempuan, tegur saja secara lembut dan alihkan perhatiannya ke kegiatan lain. Tanyakan juga keinginan dan kebutuhannya saat itu. Jika memarahinya, orang tua menekan keinginan dan kebutuhan anak. Padahal, penting bagi anak memupuk rasa percaya diri, penghargaan pada diri sendiri dan mengembangkan kompetensi sosial di dalam kelompok ( peer group ) yang antara lain ada di TK.

Biarkan anak mengenali dirinya melalui beragam permainan, baik bermain pura-pura dengan boneka, mobil mainan, anak laki-laki maupun perempuan. Jika ia merasa yakin dengan dirinya, ia pasti tak lagi mencari-cari jati diri dengan cara yang tak wajar di kemudian hari.

 



Artikel Rekomendasi