Agar Balita Tertarik Kegiatan di Alam

 

Selain melatih kemampuan motorik, kognitif dan emosi, berkegiatan di alam juga mengasah kecerdasan naturalis anak balita Anda

Anak balita penuh rasa ingin tahu. Namun, di usia lima tahun kini, sejalan dengan semakin banyak pengalamannya dan pesatnya perkembangan motorik, memungkinkan anak mengikuti berbagai kegiatan orang dewasa.

Berkegiatan di alam, seperti menjelajah hutan kecil di pinggir kota , atau sekadar berkebun di belakang rumah, bisa pula jalan-jalan di pematang sawah atau ikutan ayah memancing, dapat menjadi pilihan. Selain melatih kemampuan motorik anak, kegiatan-kegiatan tersebut menstimulasi kecerdasan naturalis anak Anda.

Tentu diperlukan kemampuan motorik yang memadai untuk melakukannya. Kemampuan tersebut sedikit banyak dimiliki si lima tahun yang otot-otot tubuhnya semakin kuat.

Dalam hal memancing, misalnya, ayah bisa mengarahkannya memegang alat pancing dan melemparkannya. Apa yang Anda berdua lakukan, tentu, tak semata bertujuan mendapatkan ikan, tapi juga menikmati kegembiraan bersama. Tambahan lagi, ayah-anak berdua di alam yang tenang, menanti ikan mencaplok umpan di kail, bisa lebih mengakrabkan hubungan.
Pentingnya persiapan

Apa saja manfaat melakukan kegiatan di alam bersama balita? Dalam hal memancing, selain motorik anak terlatih, pembicaraan mengenai hewan air dan alam sekeliling merangsang kecerdasan naturalis anak.

Untuk melakukan kegiatan itu tentu perlu persiapan khusus:
  • Siapkan segala keperluan memancing. Anda bisa menyiapkan alat pancing untuk pemula yang dapat Anda beli di beberapa toko alat olahraga. Kemudian, latih anak melempar alat pancingnya.
  • Tentukan tempat memancing. Anda dapat melakukannya di sungai atau di tempat pemancingan umum. Hal ini memberi kesempatan lebih besar pada anak untuk mendapatkan ikan. Saat si ikan terpancing, bantu anak melepas kail yang menancap di mulut ikan.
  • Ceritakan padanya tentang ikan, sungai atau empang dan tumbuhan di sekeliling. Misalnya, bagaimana ikan bernapas? Apa makanannya? Bagaimana berkembang biak? Anda berdua dapat membicarakan secara sederhana jenis-jenis ikan yang biasa ditemuinya. Atau, bahasan mengenai hembusan angin semilir, dan awan di langit dengan berbagai bentuk. Dari pembicaraan itu anak mengenal perbedaan, belajar menganalisa dan mencari kaitan antara angin, awan dan hujan.

 



Artikel Rekomendasi