Ajak Balita Membuka Kado

 

Kado jadi bagian istimewa saat anak merayakan ulang tahun. Saat membuka kado, ada banyak keterampilan yang bisa dipelajari balita.

Saat membuka kado, balita akan menyobek kertas pembungkus, menggoyangkan kardus sambil menebak isinya. Aktivitas sederhana ini bermanfaat untuk balita usia 1-2 tahun untuk merangsang kemampuan koordinasi tangan dan mata, keterampilan motorik halus ketika jemari tangannya membuka kado, juga melatih kekuatan otot tangan dan jari. Puaskan kegemaran balita membuka kado sekaligus melatih keterampilannya dengan:
  • Berikan kado pura-pura. Kumpulkan kertas kado bekas yang masih bagus dan kardus boks bekas mainan. Bungkus sehingga menyerupai kado. Tak perlu menunggu sampai hari ulang tahunnya datang, berikan kado pura-pura itu pada balita untuk dibuka.
  • Bungkus dengan beragam jenis pembungkus. Misalnya kertas tidak bertekstur, kertas bertekstur, kain, plastik selofan, atau daun tidak bergetah, untuk mengenalkan tekstur pada balita.      
  • Bungkus kado dengan aneka warna, Anda dapat mengenalkan balita pada bermacam warna. Sebaiknya gunakan warna primer dahulu, seperti merah, biru atau kuning agar dia lebih mudah membedakan warna. 
  • Bungkus kado dengan bermacam bentuk. Buat beberapa variasi bungkusan kado dalam bentuk kotak, persegi, lonjong, bulat atau segitiga. 
  • Libatkan balita saat membungkus kado. Meski tidak rapi, ia tentu ingin mencoba membungkus kado seperti Anda. Kalau sudah terbungkus, minta balita membuka kembali bungkusannya.
Hati-hati ya, jangan membungkus kado dengan bungkus yang sulit dibuka karena balita bisa merasa tak berdaya dan rendah diri. Gunakan perekat yang aman dan hindari stapler karena bisa melukai tangannya. Jangan membungkus kado dengan kertas koran dan krep karena kandungan tintanya berbahaya. Hati-hati juga dengan kertas HVS, karena bagian pinggirnya tajam. 

Baca juga:
Kado Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

 



Artikel Rekomendasi