Ajari Balita Mengenal Anggota Tubuhnya

 

Pada usia 1-2 tahun, balita sedang mengembangkan rasa ingin tahu termasuk mengenali anggota tubuh. Didukung keterampilan bicaranya, di usia dua tahun umumnya anak sudah dapat menyebutkan nama bagian tubuhnya dengan lancar. Pengenalan anggota tubuh ini diawali oleh sentuhan awal mereka terhadap wajah bundanya saat mereka bayi. Kembangkan kemampuan kenal tubuh ini lewat berbagai kegiatan keseharian:
  1. Menyanyi “Dua Mata Saya,” “My Eyes, My Ears, My Nose,” atau “Head and Shoulder.” Sambil menyanyi lagu ini, tunjuk bagian-bagian tubuh. Anda sekaligus mengajarkan koordinasi.   
  2. Ngobrol dan tunjuk bagian tubuh Anda dan bagian tubuh anak, kemudian sebutkan namanya.
    •  Bandingkan hidung Anda dengan hidung mungil balita dengan mengatakan 'lebih besar' dan 'lebih kecil' sekaligus untuk mengajarnya tentang perbedaan.
    •  Jelaskan fungsi setiap anggota tubuh. Jelaskan dengan pengucapan yang benar. Misalnya, saat ia menunjuk hidung, katakan, ”hidung untuk mencium.”
  3. Saat tidur bersama balita, elus-elus rambutnya dan katakan bahwa rambutnya berwarna hitam dan lebat. Kemudian pegang tangannya sambil berkata, “Tangan kamu kuat. Untuk memegang, lho, tidak untuk memukul.”
  4. Waktu mandi. Seluruh tubuh anak akan tampak. Sebutkan nama bagian-bagian tubuh anak dengan istilah yang tepat. Misalnya payudara, pusar, penis atau vagina. Balita pun juga akan belajar mengenal jenis kelaminnya dan perbedaannya.
  5. Bermain dengan cermin. Gunakan cermin agar balita dapat melihat seluruh tubuhnya dengan jelas. Tempelkan sebuah stiker pada kakinya. Lalu tanya, “Di mana ya, Bunda menempelkan stiker?” Minta ia mencari stiker yang ditempelkan di bagian tubuhnya. Saat ia menemukannya dan mengatakan, ”Stiker ada di kaki!” Beri pujian bahwa ia dapat mengenali nama bagian tubuhnya dengan baik.
Setelah balita tahu nama bagian-bagian tubuhnya, ia juga perlu tahu cara memelihara kesehatan tubuhnya. Ajarkan anak tentang pentingnya merawat bagian-bagian tubuhnya sendiri dengan cara yang mudah sesuai usianya:
  • Cuci tangan dan kaki setelah bermain.
  • Menggosok gigi setelah makan.
  • Mandi dan cuci rambut secara teratur.
  • Nonton film dalam jarak yang tidak terlalu dekat untuk menjaga kesehatan matanya.
  • Mendengarkan musik tidak terlalu keras agar tidak memekakkan telinga.
Buku Penting
•  Seri 100% Pintar: Tubuhmu Yang Hebat
   Pengarang: Neil Morris, Penerbit: Erlangga for Kids
•  See inside: Tubuhmu
   Pengarang: Katie Daynes, Penerbit: Erlangga for Kids

 



Artikel Rekomendasi