Aku Anak Indonesia

 

Identitas diri anak atau balita, termasuk kebangsaannya, bisa Anda perkenalkan sejak sekarang. Sebagai anak Indonesia, ada ciri yang bisa menandakan kebangsaannya. Untuk mengenalkannya, ajak balita:
  • Mengibarkan bendera merah putih di halaman depan rumah sejak awal bulan Agustus. Katakan pada anak bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang berpesta ulang tahun kemerdekaan. Menjelaskan tentang ulang tahun lebih mudah ketimbang menjelaskan arti kemerdekaan.
  • Berpartisipasi dalam karnaval perayaan ulang tahun kemerdekaan dengan sepeda hias dan ikut aneka lomba seru.
  • Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar jika Anda dan balita sehari-hari bicara dalam bahasa ini. Meski bukan bahasa sehari-hari pun, Anda tetap mesti memperkenalkan bahasa resmi bangsanya.
  • Menyanyikan lagu-lagu tentang Indonesia. Tak hanya lagu-lagu yang populer saja. Lagu-lagu wajib seperti yang kita pelajari dulu, misalnya, Gugur Bunga, Syukur atau Pantang Mundur bisa Anda nyanyikan untuk anak.
  • Menjadi anak Indonesia yang baik dengan tidak berkelahi, tidak curang saat bermain dan tidak berbohong. Dengan memupuk kebaikan sedari dini, diharapkan sifat-sifat positif ini tertanam dan tentunya menjadi identitas mutlak anak bangsa Indonesia.
Baca juga:
Belajar Dari Perayaan 17 Agustus

 



Artikel Rekomendasi