Anak 1 Tahun Sudah Paham Perintah

 

Perkembangan psikologi anak memang tumbuh dengan cepat. Pada usia satu tahun, anak sudah memahami perintah Anda yang bisa dipantau dari ketepatannya beraksi
 
Kosa kata yang mengacu pada aneka benda sehari-hari mulai dikuasai anak usia 13 hingga 24 bulan. Anak mampu menerapkan pengetahuannya ini dalam percakapan atau kegiatan observasi. Anak pun segera bereaksi saat diberi perintah sederhana.
 
Tanda paham. Cara mudah memantau perkembangan bahasa anak antara lain dengan memberi instruksi sederhana. Minta ia mengambilkan bantal dari sofa. Atau, memasukkan mobil-mobilan ke dalam kotak setelah anak Anda selesai bermain. Pada usia ini, anak sedang mendapat tugas sederhana seperti itu.
 
Pemahaman anak usia 1 tahun tak selalu diikuti aksi. Anda bisa mengamati, apakah ini terjadi hanya karena ia enggan melakukannya, sejalan dengan perkembangan ego atau karena anak belum paham.
 
Jika anak memberi reaksi terhadap percakapan sehari-hari, besar kemungkinan anak paham tapi sedang tak ingin diberi tugas. Namun, apabila ia tak sedang memberi reaksi apa pun dalam percakapan sederhana, Anda perlu mempertimbangkan untuk memberinya stimulasi lebih atau membawanya ke terapis.
 
Latihan berguna. Anda bisa sesering mungkin memberi stimulasi bicara dengan intonasi dan ekspresi jelas dan demonstratif. Semisal, ANda sedang bicara tentang bola, angkat bolanya dan tunggu beberapa saat untuk menerima respon anak.
 
Jika anak memberi respon berupa suara melenguh atau tatapan mata atas percakapan, Anda perlu memberi reaksi postif dan mendorong anak untuk berusaha mengartikulasi kata.
 
Temani anak bermain sambil sesekali memberinya tugas meletakkan mainan ke wadahnya. Beri pujian ketika ia berhasil melakukannya.
 
Sediakan boneka atau buku yang mengeluarkan suara saat ditekan salah satu tombolnya. Lalu rangsang anak memberi respon secara verbal maupun aksi.
 
 

 



Artikel Rekomendasi