Anak Butuh Ruang Bermain

 

Anak butuh area kosong, lapang, aman dan nyaman di dalam rumah untuk bermain sepanjang hari. Jangan lupa, Anda sesekali harus memantaunya.

Wilayah kosong di dalam rumah merupakan tempat bermain yang ideal, asal memperhatikan beberapa hal. Lebih baik lagi jika wilayah yang lapang itu dekat dengan pusat Anda atau orang dewasa beraktivitas. Dengan begitu, Anda akan mudah mengontrol apa yang dilakukan anak.

Di gelanggang bermain itu bisa digelar karpet tebal yang tidak mudah tergulung atau menyebabkan anak jatuh terpeleset. Karpet dapat diganti tikar (lampit) jika anak alergi debu. Boleh juga diletakkan sebuah sofa rendah yang nyaman atau bantal-bantal lebar agar anak betah saat ia duduk-duduk sambil membuka-buka buku ceritanya. Anak juga butuh meja kecil untuk alas mewarnai buku gambar atau bermain lego.

Bagus juga kalau ada beberapa boks atau wadah aneka mainan. Letakkan kotak-kotak ini ditempat yang mudah dijangkau anak. Anda dapat memberi tanda pada boks mainannya. Misalnya, stiker dengan gambar kotak untuk mainan balok-balok, gambar orang untuk mainan boneka, dan lain sebagainya.

Tentu saja tempat ini haruslah selalu bersih dan rapi. Anda dapat mengajak anak membereskan mainannya sendiri. Ajaklah anak membereskan wilayah bermainnya dengan cara menyenangkan. Seperti sambil bernyanyi atau bermain sehingga anak tidak merasa terpaksa.

 



Artikel Rekomendasi