Anak Juga Gemar Membantu

 

Mengurus pekerjaan rumah tangga memang kerap merepotkan karena anak juga perlu diperhatikan. Tapi sebenarnya, anak juga gemar membantu, lho.

Jika Anda ingin mengendalikan dan mengatur apa pun yang anak-anak lakukan, Anda akan semakin kerepotan. Jadi, carilah ide agar tugas pengasuhan dan pengelolaan rumah, tanpa para pembantu setia Anda selama ini, jadi menyenangkan bagi anak dan juga Anda sendiri.

Akan sangat meringankan apabila dalam situasi seperti ini Anda juga meminta anak ikut andil dalam beberes rumah. Tentu perlu Anda batasi pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan mereka. Misalnya memasukkan pakaian kotor ke keranjang cucian, atau meletakkan botol kosongnya ke dapur. Jangan lupa memuji bila anak berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Dan sampaikan keinginan Anda dengan jelas dan tetap menyenangkan.

Yang penting, Anda tetap memberi batasan pada anak-anak apa yang seharusnya tidak mereka lakukan. Itu artinya Anda harus melakukan hal-hal yang benar agar anak-anak tidak melanggar aturan Anda. Percalah, ini benar-benar dapat meringankan tugas Anda.

 



Artikel Rekomendasi