Apa Sebab Anak Tampak Bad Mood

 

Perilaku buruk anak lebih banyak disebabkan oleh kondisi fisik ketimbang emosi. Bila anak tampak bad mood, coba cermati apakah karena ia kelelahan?

Usia empat tahun merupakan masa transisi dari usia batita ke usia prasekolah. Jam tidur si empat tahun pun mulai berkurang. Ia dapat tidur sepanjang malam dan bangun di pagi hari untuk memulai aktivitasnya. Ia tak lagi tidur di jam-jam tertentu, karena waktu tidurnya diganti dengan kegiatan di taman bermain atau TK.

Sayangnya, si empat tahun belum menyadari perubahan ini. Setelah beraktivitas di sekolah, ia masih ingin bermain, dan belajar berbagai hal dengan menggebu-gebu. Banyak hal yang masih ingin dipelajari di dunia sekitarnya, hingga ia sering lupa bahwa ia butuh waktu istirahat.

Pemicu perilaku buruk. "Capek ah!" Mungkin anak pernah mengeluh seperti itu. Anda pun menyahut, "Idiiih, anak kecil kok ngeluh capek. Emangnya ngapain aja ?" Kebanyakan orang tua menganggap anak usia prasekolah terlalu muda untuk kelelahan.

Berbagai penyebab: aktivitas anak, kondisi lingkungan, atau kualitas gizi yang buruk, dapat mengakibatkan anak mudah lelah. Lelah pada anak usia ini kerap menjadi pemicu perilaku buruk. Misalnya, mengamuk, tidak mau makan, malas gosok gigi atau melanggar disiplin. Disiplin yang biasanya menjadi penunjuk arah bagi anak, bisa menjadi batasan yang menjengkelkan karena ia sedang kelelahan.

Oleh sebab itu, bila anak tiba-tiba berperilaku buruk, Anda tak perlu segera menghukum. Tanyakan pada diri sendiri, apakah anak kelelahan, lapar atau sakit? Perilaku buruk anak memang lebih banyak disebabkan oleh kondisi fisik ketimbang kondisi emosinya.

Bantu mengatasi. Kelelahan berdampak buruk pada anak. Anak yang kurang tidur atau kurang istirahat lebih sulit memusatkan perhatian. Anak yang dibangunkan dari tidur sebelum waktunya bangun tidur, keesokan paginya kerap menjadi peka atau gampang tersinggung, bahkan menjadi terlalu aktif .

Bila anak mengeluh capek, orang tua dapat membantu anak mengatasi kelelahannya. Mengajak anak tidur siang atau sekadar tidur-tiduran sambil membaca buku cerita, dapat membantu anak mengatasi kelelahannya.

Tidur siang memang penting untuk memulihkan tenaga. Sulitnya, tidur siang kurang disukai anak. Daripada tidur siang, anak lebih memilih terus bermain.

Namun ada saat anak anak butuh istirahat sehingga ia menolak menjalani jadwal kegiatan rutinnya. Misalnya, kursus menari di sore hari. Ini dapat diartikan ia benar-benar capek. Biarkanlah anak memperoleh istirahat sesuai kebutuhannya.

 



Artikel Rekomendasi