Balita Bekerja Sama Dalam Kelompok

 

Selain terampil berteman, balita usia lima tahun juga bisa bekerja sama dalam kelompok. Di sekolah, ia sudah tergabung dalam kelompok-kelompok kecil. Balita usia lima tahun pun belajar banyak dari sini.

Balita Anda yang berusia lima tahun pentas di panggung bersama teman-teman prasekolahnya. Anda pun merasa bangga menyaksikan balita Anda beraksi di atas panggung. Ia tampak lucu berperan sebagai kupu-kupu. Yang mengagumkan, balita Anda tahu kapan gilirannya tampil, bergantian dengan temannya.

Kegiatan bersama. Sadar bahwa dirinya adalah salah satu anggota kelompok, merupakan tahap penting perkembangan keterampilan sosial anak. Menjadi anggota kelompok tari di sekolah atau menjadi salah satu pemeran dalam drama singkat misalnya, butuh keterampilan yang tak semua anak sama dalam pencapaiannya. Menjadi anggota tim berarti tercapainya beberapa perkembangan yaitu:
  • Terampil berkomunikasi verbal.
  • Memahami  dan menghargai aturan.
  • Bisa mengendalikan diri.
  • Menemukan kegembiraan bersama teman.
  • Paham bahwa anak lain juga punya perasaan, kebutuhan dan keinginan.
    
Di sekolah, balita mengalami pematangan keterampilan sosialisasi. Guru punya cara membantu meningkatkannya. Salah satunya, menyertakan balita dalam sebuah kelompok kecil; misalnya kelompok tari atau drama.

Anda tak perlu sedih bila balita Anda mendapat peran tak menonjol. Apa pun perannya, penting untuk mengembangkan rasa percaya diri anak. Malah Anda patut bangga karena balita Anda memiliki keterampilan bekerja sama dalam kelompok.

Asah di rumah. Keterampilan balita usia lima tahun bekerja sama dalam kelompok tak lepas dari perkembangan keterampilannya berpikir. Misalnya balita terlibat dalam kelompok drama, ia harus dapat mengingat dialog. Demikian pula ketika balita masuk dalam kelompok tari, ia harus paham  giliran siapa yang harus tampil.

Anda dapat membantu balita Anda terampil menjadi anggota kelompok  dengan:
  • Mengasah keterampilan bicaranya dengan sering mengajaknya ngobrol. Anak yang bisa 'nyambung' ketika diajak bicara, lebih disukai teman.
  • Memberi kesempatan kepada balita untuk bermain bersama teman.
  • Membantu anak mengikuti perintah.
  • Mendorong anak untuk menolong teman atau saudaranya yang butuh bantuan.

 



Artikel Rekomendasi