Balita belajar berjalan

 

Berjalan adalah rangkaian gerakan yang cukup rumit untuk anak. Otot tubuh, otot kaki dan lengannya harus kuat untuk menopang berat badannya. Ayo beri stimulasi tepat.
 
Rentang usia lebar. Awalnya, otot tubuh, otot kaki dan lengannya harus kuat dahulu untuk menopang berat badannya. Setelah itu, dia harus memiliki kemampuan mengoordinasi seluruh tubuh dan anggota tubuhnya, serta melatih keseimbangannya. Pada saat anak mampu berdiri, ketika itulah dia akan mencoba melangkah, lalu berjalan.
Waktu yang dibutuhkan setiap anak untuk melalui tahap-tahap proses tersebut tidak sama, dan batas toleransi kemampuan berjalan sangat lebar. Umumnya anak bisa berjalan dalam rentang usia 12-15 bulan. Sekitar 60% anak mampu berjalan saat berusia 1 tahun, sedangkan selebihnya butuh waktu lebih lama. Bila anak sudah berusia 16 bulan tapi masih belum bisa berjalan, sebaiknya waspada. Bila perlu, konsultasikan pada dokter. Beberapa penyebab keterlambatan berjalan antara lain: 
  • Takut & malas. Anak merasa takut berdiri dan berjalan karena  pengalaman jatuh sebelumnya. Atau, malas berjalan karena menganggap merangkak jauh lebih mudah menjelajahi ruangan daripada berjalan di atas dua kaki.
  • Kurang stimulasi, misalnya terlalu sering menggendong anak atau kurang memberikan stimulasi agar si kecil mau belajar berjalan.
  • Faktor kesehatan, misalnya berat badan anak kurang atau berlebihan, gangguan pada saraf, atau tergolong memiliki tempo tumbuh-kembang yang lambat. Adakalanya keterlambatan berjalan yang disebabkan faktor ini perlu penanganan khusus dari ahli.   

Baca juga:

 



Artikel Rekomendasi