Balita Enggan Berkelompok

 

Bermain berkelompok, melatih ketrampilan bersosialisasi dan lebih menyenangkan! Bagaimana jika balita enggan berkelompok?

Menurut ahli psikologi perkembangan itu, balita usia 3-4 tahun sudah berada pada tahap berpikir operasional, yaitu, dikendalikan oleh bermain fantasi. Pada tahapan ini, cara bermain anak berubah dari paralel ke bermain bersama teman. Tahap ketrampilan sosial anak usia 3-4 tahun pun, seharusnya sudah dalam tahap berinteraksi dengan teman.


Jadi, anehkah bila anak Anda menolak untuk main berkelompok?
Saran ahli, jangan label anak Anda "aneh", "kuper" (kurang pergaulan) atau "dusun", ya. Karena, kemungkinan anak menolak main berkelompok karena ia merasa tidak aman dengan lingkungannya, malu untuk berinteraksi dengan orang baru, merasa belum mandiri sehingga merasa tidak bisa menguasai lingkungannya, atau tidak suka pada teman-temannya.  

Anak Tunggal Tidak Suka Berkelompok? Ini gosipnya: anak tunggal kurang pandai menata ego dan tidak pandai bersosialisasi, sehingga ia sulit berkelompok. Benarkah? Tidak, kata psikolog asal Jerman, Hans Grothe. Karena menurutnya, selain tidak ada alasan mendasar tentang mitos itu,  masalah ego dan ketrampilan berkelompok, bukan berakar dari status anak di dalam keluarga -sulung, tengah, bungsu, atau tunggal- melainkan dipengaruhi oleh pola asuh orangtua kepada anak sejak usia dini. Anak tunggal memang hidup sendiri, tetapi bukan berarti dia tidak memiliki teman. Bila Anda orang tua anak tunggal,  Grothe mewajibkan Anda meningkatkan kesempatan anak bersosialisasi dengan teman sebaya. Caranya, sering mengajak sepupunya menginap atau mengundang anak teman dalam play date. Memertemukan balita dengan anak berusia lebih muda atau lebih tua juga baik, agar anak belajar menghadapi orang lain dengan perbedaan bentuk tubuh, usia, dan sifat.

Baca juga:
Melatih Balita Berkelompok

 



Artikel Rekomendasi