Balita Enggan Tidur Siang

 

Tak perlu memaksa balita harus tidur siang. Bukan karena terlalu asyik bermain, bisa jadi dia memang tidak perlu tidur siang.

Tak perlu dipaksa. Orang tua sering jengkel ketika balita tetap tidak mau tidur siang! Menurut dr.Wiiliam Sears, dokter anak dan penulis buku kesehatan Amerika, tidur siang harus menjadi oasis yang menyenangkan di sela hari sibuk balita. Jadi, tak perlu memaksa balita tidur, istirahat saja yang cukup.

Lantas apa yang sebaiknya dilakukan oleh balita untuk mengisi waktu selama tidak tidur? Sears menyarankan agar orang tua memberi kesempatan pada anak melepas ketegangan dan lelah setelah seharian beraktivitas dengan berbagai cara lain. Bisa berupa kegiatan yang sifatnya cooling down, seperti mendengarkan musik, melihat-lihat buku bergambar, atau bermain di tempat tidur. Atau, sekedar tidur-tiduran.

Sebenarnya apakah tidur siang memberi keuntungan tersendiri bagi balita? Biasanya, balita yang tidak mau tidur siang, akan tidur lebih awal di malam hari yaitu pukul 18-19. Dengan demikian mereka tetap bisa bangun pagi pukul 6-7 pagi. Keadaan ini tentu menguntungkan terutama bagi balita yang sudah bergabung dalam preschool. Kendati umumnya balita usia ini tidak mutlak tidur siang, toh ada anak yang perlu ekstra perhatian. Dalam arti, ia belum siap menanggalkan jadwal tidur siang.

Tanda balita perlu tidur siang. Menurut dr.Sears, ada beberapa tanda yang perlu dicermati untuk menentukan apakah jadwal tidur siang tetap harus dipertahankan. Misalnya, balita rewel karena kelewat lelah di malam hari. Dengan membuat chart kegiatan dan jadwal tidur anak dalam sehari Anda bisa mengukur, apakah balita butuh jam tidur tambahan di luar tidur malamnya. Jalan keluar agar anak tidak rewel karena lelah, bisa dipenuhi dengan quite time di kamar tidurnya. Supaya ia kemudian bisa melanjutkan kondisi relaks menjadi tertidur lelap, Anda bisa menyediakan fasilitas tambahan, seperti dekorasi dan suasana kamar yang menenangkan. Misalnya menyediakan bantal-bantal besar dan sofa yang cozy di kamar atau kamar tidurnya. Jangan lupa pula kaset atau CD lagu-lagu anak yang menenangkan.

Baca:
Tip Tidur Siang
Mengatur Pola Tidur Bayi
7 Kiat Ibu Ajarkan Rutinitas Bayi
Menata Kamar Bayi Cantik, Aman dan Nyaman
Segar dan Hijau di Kamar Bayi
Merancang Kamar Bayi




 



Artikel Rekomendasi