Balita Gemar Bertanya

 

Anak usia empat tahun punya kegemaran baru: bertanya dan bertanya. Bukan cuma itu, ia juga mulai terampil menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar dengan tepat.

Berdasar tahapan perkembangannya, anak usia kira-kira empat tahun umumnya lebih terampil berkomunikasi verbal dibandingkan usia sebelumnya. Si empat tahun tak hanya mampu memberi jawaban dengan alasan logis tapi juga lebih jelas melafalkan konsonan l;d, b, g atau s.

Bila anak Anda belum mampu melafal dan berkomunikasi ketika memasuki tahun kelima usianya, Anda perlu waspada. Bisa jadi ia butuh penanganan khusus.

Ribuan kosa kata. Si empat tahun umumnya mengalami perkembangan bahasa yang sangat pesat, karena stimulasi banyak ia peroleh di sekolah dan kegiatan sosialisasi di luar sekolah. Di usia 4,5 tahun anak menguasai kira-kira 1500 kata, baik yang digunakannya sehari-hari maupun dipahaminya secara pasif. Satu tahun kemudian penguasaan kosa katanya bertambah sekitar 1000 kata.

Keterampilannya berbicara juga ditunjang kemajuan kognitif berupa kemampuan bercerita menggunakan kalimat-kalimat yang relatif lebih rumit, yaitu yang terdiri dari delapan kata atau lebih. Cerita yang ia kisahkan bisa berupa pengalamannya sendiri maupun tentang mimpi dan fantasi.

Sejalan dengan perkembangan emosinya, si empat tahun dengan keterampilan berbicara dan berbahasanya biasanya mulai suka menyuruh atau menghardik orang lain. Untuk kasus seperti ini, para ahli menyarankan orang tua tanggap tetapi sabar dalam memberikan pengertian. Dengan berkembangnya pemahaman dan kemampuan anak menata emosi, hardikan dan suruhannya akan berkurang.

 



Artikel Rekomendasi