Balita Hobi Bertanya

 

Pertanyaan yang diajukan terus tanpa kenal lelah, ciri khas balita dari belahan dunia mana pun. Mulai dari pertanyaan kritis dan membuat kita takjub (kenapa Tuhan menciptakan manusia?), pertanyaan lucu (kupu-kupu punya ibu guru, nggak?), sampai pertanyaan yang bikin jengkel karena diucapkan setiap lima menit sekali (sudah sampai di rumah nenek, belum?). Apa pun penilaian Anda, bagi anak, semua pertanyaan itu penting ditanyakan. Bahkan ketika Anda sudah bolak-balik menjawabnya.

Rasa ingin tahu anak, pertanda bahwa pikirannya tengah berkembang pesat. Seiring pertambahan usia, balita ingin tahu lebih banyak tentang dunianya. Dengan mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban, balita memelajari dan memahami konsep sebab-akibat. Dia mulai tahu, ada alasan dan latar belakang di balik hampir segala sesuatu.

Bagaimana kalau Anda tidak tahu jawaban pertanyaannya? Tidak masalah, Anda dan dia bisa mencari jawabannya bersama-sama dari buku atau sumber lain. Justeru anak bertambah senang, karena dia merasa Anda menganggapnya penting. Jangan lupa, ada satu hal yang paling disenangi oleh balita: perhatian tak terbagi dari orangtuanya.

Baca juga:
Rajinlah Menjawab Jika Anak Bertanya
7 Keajaiban Balita

 



Artikel Rekomendasi