Balita Hobi mengulang-ulang

 

Sesenang apa pun Anda membaca novel favorit, pasti mual kalau disuruh membaca berulang-ulang 35 kali. Tetapi tidak demikian bagi balita. Dia bisa dibacakan buku cerita yang sama 350 kali tanpa bosan sedikit pun. Atau, menceritakan lelucon yang sama berulang kali sembari tertawa terbahak-bahak. Padahal, telinga Anda sudah merah lantaran mendengarnya berulang-ulang.  

Menurut Dr. Judith A Hudson, pakar tumbuh kembang anak dari Universitas Rutgers, New Jersey, AS, pengulangan adalah cara terbaik bagi anak untuk memelajari sesuatu. Itu sebabnya ia suka mengulang-ulang. “Mengulangi hal yang sama juga menyenangkan bagi anak-anak, karena dengan begitu mereka bisa mengantisipasi kejadian selanjutnya,” tambah Hudson.

Sama seperti pengulangan, rutinitas memberi efek serupa. Balita mencintai rutinitas karena memorinya masih amat terbatas sehingga belum mampu memikirkan masa depan terlalu jauh. Jadi, rutinitas perlu ada agar anak bisa mengetahui apa yang dia nantikan selanjutnya.” Tips bagi orangtua: manfaatkan kebutuhan anak akan rutinitas dengan menyesuaikan jadwalnya dan jadwal Anda, agar Anda bisa menyisipkan “me time” setiap hari.

Baca: 7 Keajaiban Balita

 



Artikel Rekomendasi