Balita Kompak Dengan Yang Lebih Tua

 

Anak yang telah menginjak usia satu tahun inginnya bermain dengan anak lebih tua. Sedangkan anak yang lebih tua, mana mau! Ada cara membuat keduanya kompak.

Anak lebih kecil kagum, si besar ogah. Anak-anak usia sekitar satu tahun biasanya kagum dengan anak-anak yang lebih besar. Di mata mereka, kakak-kakak itu terlihat hebat. Sayangnya, anak usia satu tahun masih belum cukup besar untuk diajak bermain bersama seniornya.

Bayangkan saja. Bagi anak satu tahun, kakak yang berusia empat tahunan itu sepertinya mampu melakukan apa saja. Kakak jago main sepeda, pintar bersepatu roda, dan memainkan berbagai mainan lainnya.

Sedangkan bagi anak usia 4-5 tahun, anak satu tahun sungguh menyebalkan. Bagi mereka, si unyil itu hanyalah pengganggu. Mereka tidak asyik diajak main. Apalagi jika anak satu tahun menangis kesal karena sulit mengikuti permainan anak besar. Anak lebih besar tentu saja menilai anak-anak yang lebih kecil itu cengeng dan merepotkan. Tak heran jika anak-anak yang lebih besar enggan melibatkan adik-adik kecil itu dalam permainan mereka.

Kompak bersama. Sebetulnya, anak satu tahun bisa digabungkan dengan anak lebih tua dalam satu permainan. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba:
  • Memilih aktivitas yang tepat. Rencanakan suatu permainan yang digemari anak-anak yang berbeda usia. Misalnya, mendengarkan lagu dan berdansa bersama, atau mencat pagar kayu dengan cat air, supaya warnanya lebih awet. Hindarkan permainan yang justru memperjelas perbedaan kemampuan mereka, seperti permainan menyusun lego. Apalagi anak-anak usia satu tahun cenderung merusak semua yang telah tersusun rapi.
  • Permainan serupa tapi tak sama. Jika anak satu tahun ingin main suatu permainan yang belum dikuasainya seperti dilakukan teman yang lebih besar, carilah permainan yang hampir serupa. Misalnya, jika ia melihat kakak-kakak bermain sepeda, ajaklah anak satu tahun menaiki mobil-mobilan yang bergerak dengan dikayuh oleh kakinya. Atau, minta anak yang lebih besar membantu mendorong mobil-mobilan anak satu tahun. Namun permainan semacam ini tetap memerlukan pengawasan Anda.
  • Memuji anak lebih tua. Puji upaya anak yang lebih besar untuk mau bersabar menghadapi ulah anak satu tahun. Ini akan menghilangkan keengganan mereka untuk bermain dengan anak  yang lebih kecil

 



Artikel Rekomendasi